#menu li { position:static; }

27 Januari 2008

Sepenggal ide

Lahir dan berkembang dari sepenggal ide….

Ide baru, ide lama, ide hangat-hangat kuku, ide basi, ide bego, ide gila, ide nekat...ntah apa lagi, pokoknya semua yang punya nama ide. Asalkan tujuanya baik (sedikit jelek juga ga ngapa) boleh dicampur, dikocok, ditambahin gula, kream, jika perlu bumbu penyedap, sampai akhirnya menjadi sebuah hidangan siap saji…masa bodoh ntah itu enak, pahit bahkan sepet, yang penting sudah berubah jadi mahluk baru, yang bisa dikenal dengan istilah latinya piecyleuse oetoga dogado …mahluk yang mana itu ya..?


Kata orang bijak …(ga tau siapa sumber aslinya), jika saya punya satu apel, kamu juga punya satu apel kemudian saling saling ditukarkan, ditangan kita hasilnya masing-masing tetap punya sebiji apel…ya kan!, namun lain hasilnya dengan ini. Jika saya punya satu ide begitu juga kamu, kemudian kita tukarkan ... hasilnya minimal masing-masing sudah punya dua ide (minimal ini loh..!). Nah sekarang tinggal pilih yang mana?....kok cerita pertama dengan cerita kedua ga nyam2 ya..?, ehm iya juga ya..!

Tau ngga…para penemu yang punya kepala botak, itu juga berawal dari ide? Percaya kan..! Ada juga yang sedikit menarik, suatu survey yang judulnya : “Hal apa yang paling ditakuti seorang ilmuwan”. Katakanlah yang udah layak dipanggil Prof deh, atau yang kacamatanya setebal pantat botol atau yang kulitnya kelewat pucet gara-gara selalu di dalam ruang tertutup dan bebas kuman…hi..hi, gitulah pokoknya.

Hasil survey yang diberikan kepada warga rata-rata, hasilnya…”Takut tidak bisa menjawab pertanyaan jika ditanya orang awam”. Ah masa…he..he, ketawa si Enstein. “Kok ngono, yo salah toh, kepiye sampeyan niki…”.

Yup…hasil survey yang nol besar alias ngawur, kok bisa..? ya iyalah, bukan takut ga bisa menjawab, tapi takut tidak bisa membuat pertanyaan baru alias ide baru buat dicari jawabanya…Nah getho..!

Sebenarnya bukan masalah siapa yang punya ide, membuat ide atau siapa yang menukarkan ide. Masalah yang penting adalah siapa yang mampu mengembangkan sepenggal ide sampai bisa bermanfaat bagi umat. Nah kembali lagi ke tiga buah kata bijak yang harusnya dijadikan motto hidup.

Mencari, mengkaji, membagi.


Semoga bermanfaat.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut