#menu li { position:static; }

03 Februari 2008

Winamp with dynamic library

Manajemen lagu yang dinamis untuk Winamp

Nih tutorial aku persembahkan buat winamp mania (siapa sih yang tidak kenal winamp…gto loh!). Waktu lagi browsing2 mencari skin baru winamp, secara tidak sengaja menemukan plugin yang namanya dynamic library. Rasa penasaran membuatku sigap mencomot tuh plugin dan langsung mencobanya. Hasilnya..? waw keyen….kalau biasanya memilih dan memutar lagu hanya mengandalkan playlist editor bawaanya winamp yang selalu bikin repot dengan terus menurus nge-klik +Add dan -Rem yang kadang2 bikin bosan.

Pernah juga coba ngandalkan Media library, tapi file lagu jadi makin acak-acakan. Pusing deh…jadi apa dong kelebihan Plugin Dynamic library?, nah kalo penasaran langsung aja ambil tuh plugin di situs resminya winamp, disini.

Jika sudah langsung instal tuh plugin. Jangan lupa matikan winampnya lebih dulu (proses instalasi mengharuskan winamp dalam keadaan off). Setelah selesai proses penginstalan biasanya winamp akan atomatis diaktifkan, kalo tidak ya aktifkan sendiri..he..he.

Untuk menampilkan jendela Dynamic library dapat mengkakses menu view kemudian pilih dynamic library atau dengan menekan tombol Alt + D.

Kemudian atur posisi jendela dynamic library sesuai dengan selera. Menu Jendela dynamic library terdiri dari dua kolom. Kolom sebelah kiri nantinya akan di tempati oleh folder lagu di komputer kita sedangkan kolom sebelah kanan menampilkan file-file lagu untuk folder yang kita pilih.

Pada mulanya kolom root folder di sebelah kiri masih dalam keadaan kosong. Untuk mengisinya caranya klik kanan dalam kolom tersebut kemidian pilih Add rootFolder. Kemudian cari dan pilih folder tempat penyimpanan file-file audio/MP3 yang ada di komputer kita, kemudian OK.

Hasilnya pada kolom sebelah kiri akan terlihat folder tempat penyimpanan file MP3 yang kita miliki. Selanjutnya urai semua folder dengan mengklik tanda + di samping folder sampai terlihat semua folder MP3 yang kita miliki.

Untuk menjalankanya kita tinggal memilih salah satu folder, di kolom sebelah kanan akan ditampilkan isi folder lagu tersebut, kemudian seleksi lagu yang akan diputar (lakukan dengan menekan tombol CTRL dan pilih). Dari lagu yang terpilih, klik kanan mouse kemudian pilih Enqueue atau tekan Shift + Enter. Maka lagu tersebut akan dikirim ke playlist editor. Untuk memutar lagu tinggal klik aja lagu yang sudah masuk di playlist editor. Nah menarik bukan, selamat mencoba.

Catatan :

  • lakukan komibasi CTRL+A atau Select all untuk menyeleksi seluruh lagu.

  • Enqueue and play, memindahkan lagu serta otomatis memainkan lagu.

  • Enqueue after current, memindahkan tepat di bawah lagu yang sedang diputar.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut