#menu li { position:static; }

26 Maret 2008

AVG Free Anti Virus; antara pengalaman dan kepuasan


Penguna setia komputer pasti sudah begitu akrab dengan nama salah satu varian anti virus ini. Sebagai mana mendengar kata Adidas pagi para olahragawan, atau KPK bagi para anggota DPR..(hehe).


Sebagai pemakai setia komputer AVG adalah teman setiaku menunggu proses scanning. Bisa dibayangkan lalu lintas data yang begitu padat di sebuah kantor administrasi. Dengan hanya bermodal FD sebesar jempol ibu jari perpindahan data antar komputer bisa dilakukan dengan mudah. Masalahnya, fakta membuktikan bahwa penyebaran virus terbesar dilakukan melalui media FD. (”loh kok ngomong kemana-mana....? intinya saja deh!”).


Yup...intinya, anti virus sangat diperlukan sekarang ini. Jadi ingat pesan nenek...”daripada-daripada, lebihbaik – lebihbaik”. Beberapa vendor anti virus sudah banyak yang telah aku coba dan pilihan terakhirku mentok ke AVG Free. Beberapa alasan antara lain : Update yang mudah, perlindungan yang kuat dan Free tentunya. Sedangkan untuk anti virus lain, misalnya Norton, Mc Afee, Norman, dll (harus dibeli non...). Antivir; update sering gagalnya daripada berhasilnya. Anvast; beraaaaat. PCMAV; bagus sih untuk virus lokal tapi loadingnya lama apalagi kalo pake database Clamav, terus RTPnya juga tidak bisa jalan dengan baik.


Tip & Trik

Sedikit tips utak-atik seputar penggunaan AVG Free yang mungkin berguna bagi para pengguna setia komputer akan dishare secara gratis pada artikel ini..he..he. (sok banget) :

1. Update terjadwal

Hal ini sifatnya wajib. Sama wajibnya dengan Sholat Jumat bagi umat muslim lelaki yang sudah baliq pada hari jumat. Bagi yang komputernya selalu terkoneksi ini bukan menjadi sebuah problem. Lain halnya dengan seseorang yang komputernya ”ndekem” di rumah sementara mesti ke warnet untuk internetan. Untuk kamu yang berada pada posisi kedua, langkah di bawah ini kayaknya cocok diterapkan.

Pergi ke warnet kesayangan kamu. Masuk ke situs resmi AVG Free di http://free.grisoft.com/ kemudian download file update yang diperlukan.

Catatan penting: Bagi pengguna baru, download seluruh file update yang diperlukan sedangkan bagi pengguna lama (sudah ter-update sebelumnya) cukup ambil update optiomal. Setelah itu simpan dan bawa pulang ke rumah.

Buka program AVG, cari bagian update atau gampangnya tekan tombol F9.

Kemudian pilih Folder. Karena kita akan meng-updatenya secara manual. Setelah itu cari folder tempat program update yang sudah kita ambil sebelumnya di warnet.

Update secara manual ini dianjurkan 2x seminggu atau sekurang-kurangnya 1x seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya virus baru yang telah beredar.


2. Matikan Scheduled Tasks automatic scan

Penjadwalan rutin untuk menscan sistem kadang membuat komputer terasa sangat lambat. Bagi yang menyadari mungkin tidak bermasalah karena langsung bisa dimatikan namun bagi yang ga ngerti bisa bikin tambah pusing (”kok jadi luambat buanget yach”). Aktifnya penjadwalan rutin ini bisa dilihat pada system tray (di pojok kanan bawah sono tuh..!) dengan terlihatnya segitiga berada ditengah logo AVG.

Untuk mematikan Scheduled ini caranya buka program AVG Free. Pada kolom komponen pilih SchedulerScheduled Tasks . kemudian klik Edit Schedule. Pada scheduled time hilangkan tanda centang pada periodically start scheduled antivirus test. Kemudian OK. Dengan ini maka penjadwalan scan akan dimatikan.


3. Aktifkan Automatic Healing Virus

Langkah ini dimaksudkan untuk menghapus file yang terinfeksi secara otomatis pada saat scan atau penemuan sebuah virus. Jadi dengan ini kita tidak usah repot-repot mendelete files yang terinfeksi karena program akan menghapusnya secara otomatis.


Caranya buka kembali program AVG kamu. Masih pada kolom Componet, pilih Shell Extension kemudian klik tombol settings. Pada Scanning Parameters beri tanda centang untuk Automatically heal infected files.

Mudah bukan!, dengan menerapkan tiga langkah ini dijamin deh komputer kamu bebas virus. Jika kamu ingin mencobanya buruan download anti virus AVG Free beserta atributnya disini :

- File program: AVG Free 7.5

- Download update complete

- AVG Anti Spyware

- AVG Anti Rootkit

0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut