#menu li { position:static; }

20 Maret 2008

Membongkar proteksi copyright dokument PDF


Kenal dengan dokument dengan format PDF bukan. Ada kalanya dokument PDF yang beredar telah diberi proteksi copyright oleh empunya dokument asli (author). Beberapa proteksi copyright yang biasa ditemukan antara lain: Pemberian open password, tidak bisa di print, tidak bisa mengcopy atau mengekstrak isi dokument, tidak bisa mengedit isi dokument dan tidak bisa menambah atau mengedit komentar.

Di sisi lain pemberian proteksi copyright merupakan salah satu cara pengakusisian hak cipta. Tentu tidak ingin jika hasil kerja keras kita tinggal di copy-paste saja tanpa perizinan terlebih dahulu. Tapi memang seperti itulah kehidupan, ada yang bermental pekerja keras, ada yang peniru ada juga yang terima beres. Dimana posisi kita, hanya kita tentunya yang tahu.

Berikut ini merupakan sedikit tutorial yang mungkin berguna buat kamu untuk membongkar proteksi copyright dokument PDF. Saya harap untuk hanya digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan kepentingan yang benar-benar mendesak.

Software/tool yang akan digunakan disini adalah Passware. Tool tersebut dapat di download disini. Ulasan pertama tentang penggunaan dan penginstalan passware dapat anda lihat disini.

Setelah program terinstal, buka program passware dan pilih Acrobat Key. Kemudian lakukan sedikit konfigurasi berikut.

Klik menu Setting, pada bagian Attack types pilih Bruce force (hilangkan tanda centang untuk pilihan lain. Kemudian OK.

Kemudian cari dokument PDF yang terproteksi copyright yang ingin kita bongkar dengan mengklik Recover. Tunggu beberapa saat (biasanya hanya dalam hitungan detik).

Jika dokument telah berhasil di bongkar (unprotected), biasanya akan ditampilkan tulisan ”The file has been successfully decrypted:”. Nah kamu tinggal mengakses dokument PDF yang tidak lagi terproteksi dengan membuka dokument dengan format: nama_dokument – unprotected.pdf. Selamat mencoba.

4 Komentar:

nahot nelson munthe on 16 September, 2009 18:35 mengatakan...

=))
mNtap

superuser17 on 15 Januari, 2010 18:21 mengatakan...

lanjutkan.........!:D

babajhon mengatakan...

mantap gan.. ane suka blog ente... ^_^d

Ngodai mengatakan...

makasih banyak gan info nya... :)
like this banget nih blog... :)

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut