#menu li { position:static; }

31 Maret 2008

Password tersembunyi di dalam Mozilla Firefox (kebetulan, ketidaksengajaan, kesalahan)


Tahukah kamu bahwa penggunaan web browser terbanyak sekarang diduduki oleh Mozilla Firefox. Kalo ga percaya tanya aja sama paman Google!. Kamu juga pasti tahu bahwa tidak ada kata aman berselancar di dunia ntah berantah yang namanya“internet”. Tanya juga paman Google kalo tidak percaya..hi2. Udah deh ga usah banyak basa-basi, artikel ini jadi tambah basi nantinya.

Sebenarnya awal terpikirnya hal ini sudah lama. Tapi mo menuliskan ke blog ini aga sedikit ragu. Ada beberapa pertimbangan; pertama merasa bakal dicuekin karena mungkin dah banyak yang tahu. Kedua merasa wa-was kalo sudah tahu tapi disalah gunakan. Dosa jadinya..!.

Bagi pengguna setia Mozilla Firefox sebelumnya mungkin sudah hafal, setiap kita menginputkan username dan password pasti akan keluar jendela peringatan yang isinya ada 3 pilihan: Remember, Never for this site, Not now. Bagi yang punya komputer pribadi pasti memilih Remember, bagi yang tidak kemungkinan memilih dua pilihan yang lain dan bagi yang ga ngerti pasti bingung (dari sononya emang ga tau..!). Katakanlah salah satu dari pilihan tersebut.

Secara default jika kita memilih pilihan pertama ”Remember”, maka mozilla akan menyimpan username, password beserta situs yang kita akses. Walaupun kita sudah menggunakan software pembersih file junk dan temporary seperti Ccleaner sekalipun.

Untuk mendapatkan data username dan password tersebut coba buka browser mozilla kamu. Kemudian masuk ke menu ToolsOptions. Selanjutnya buka tab Security. Pada bagian Passwords klik Show Password kemudian klik lagi Show Passwords. Dan…Boooo, sederetan username, password dan situs yang telah diakses terlihat dengan jelas.

Bisa dibayangkan jika orang yang tahu masalah ini membuka komputer pribadi kita. Ini bisa juga terjadi pada warnet yang tidak dipasangi Deep Freeze (ada juga loh..!). Ngeri yach…? Tapi ya begitulah, yang jadi korban tentu saja orang yang tidak tahu.

Untuk mengatasi masalah diatas perlu ditambahkan sedikit konfigurasi di browser mozilla kamu. Masih di jendela Options yang tadi, kemudian buka tab Privacy. Pada bagian private data beri tanda centang pada “Always clear my private data when I close firefox”. Kemudian klik settings dan beri centang pada Saved Passwords. Dengan demikian setiap kali kita keluar dari firefox, private data kita akan terhapus.

Selamat mencoba dan jangan usil.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut