#menu li { position:static; }

15 Maret 2008

Sharingan

Sharingan adalah sebuah tipe pupil spesial yang secara alamai dimiliki oleh semua keluarga Uchiha, meskipun demikian tidak semuanya mempu untuk menggunakanya. Itachi adalah salah satu orang dari keluarga Uchiha yang mengetahui rahasia kekuatan dari Sharingan.

Kemampuan Sharingan utama yang paling dikenal adalah menghafal/menjiplak teknik orang lain secara cepat. Sharingan dapat mengingat ninjutsu, genjutsu dan taijutsu dengan ketelitian yang sempurna dan menggunakan kemampuan tersebut untuk dirinya sama seperti pemilik aslinya.

Sharingan juga dapat melakukan hipnotis serta penglihatan yang tidak masuk akal kepada orang lain, menghidnari serangan orang lain dengan mudah, bahkan dapat memprediksi pergerakan seseorang. Kemampuan untuk menjejaki dan meramalkan pergerakan sebagian besar didasarkan pada kemampuan individu, semakin mahir pergerakan seseorang maka akan semakin sulit. Kemampuan Sharingan lain yang membutuhkan ketrampilan tinggi adalah kemampuan menganalisis suatu bentuk pergerakan dan mengartikanya, misalnya membaca pergerakan bibir (Seperti ketika Kakashi memprediksi apa yang dikatakan Naruto) dan Membaca pergerakan pensil (saat ujian Chunin).

Sekarang kita lihat bagaimana cara kerja Sharingan untuk melakukan hal-hal istimewa seperti yang dijelaskan diatas. Perhatikan fungsi dari masing-masing bagian sebuah pupil mata Sharingan.

A. Kemampuan untuk melihat warna

1. Mengisyaratkan persepsi pergerakan

2. Menyalin semua persepsi gerakan yang dirasakan

3. Memprediksi gerakan, meramalkan gerakan hingga menganalis arah gerakan.

B. Pengikat semua pupil digunakan untuk memahami apa yang dilihat tanpa ada kekacauan. Tanpa ini, kamu akan membuat tiga penglihatan dengan tiga arah yang berbeda pula sehingga tidak ada pemusatan pikiran mengenai sesuatu yang sedang terjadi.

Sharingan tidak secara otomatis tampak sejak dari kelahiran pemiliknya. Pada umumnya Sharingan pertama kali nampak pada saat-saat genting dan mendesak. Karena kekuatan Sharingan ini dapat menyelamatkan pemakainya. Setelah pemakaian yang pertama, pemakain kemudian dapat menggunakan Sharingan kapan saja dia mau. Ini terjadi untuk pengguna Sharingan yang alami (keluarga Uchiha). Sedangkan untuk pemakai Sharingan hasil cangkokan seperti yang dimiliki Kakashi, Sharingan tidak bisa di nonaktifkan, oleh karena itu Kakashi selalu menutup matanya setelah Sharingan tidak lagi di gunakan untuk menghemat Chakra yang dimiliki.

Kekuatan Sharingan dapat dilihat dari banyaknya titik pupil dalam mata. Banyaknya titik pupil ini terus berkembang sejalan dengan kemampuan yang dimiliki. Pada awalnya jumlah titik pupil ini hanya satu kemudian bertambah hingga total menjadi tiga buah (sempurna).

Adalah mungkin untuk mencangkok mata Sharingan dari seseorang kepada yang lain, seperti yang terjadi dengan kakashi dan temanya Obito Uchiha yang telah meninggal. Namun demikian mencangkok mata Sharingan tidak akan bekerja dengan baik sebagaimana mestinya apalagi bukan dari keturuan asli keluarga Uchiha. Pemakaian mata Sharingan oleh seseorang dari keluarga non Uchiha menyebabkan pengurasan Chakra yang berlebihan sehingga dapat menguras seluruh tenaga yang dimilikinya.

Sejarah Sharingan yang dimiliki Kakashi hatake adalah ketika Kakashi menjalankan misi bersama tim yang terdiri dari Obito Uchiha, Kakashi Hatake dan Rin. Ketika mereka diserang, Kakashi menyelamatkan kedua temanya hingga kehilangan mata kirinya. Dalam perjalanan pulang, mereka diserang dan Obito Uchiha terjebak dan tertindih batu hingga membuatnya sekarat. Sebelum ajalnya menjemput, Obito meminta Rin (ninja medis) untuk mencangkokkan matanya kepada Kakashi sebagai balas budi telah menyelamatkan mereka. Inilah mengapa Kakashi bisa memiliki mata Sharingan pada sebelah kiri.

Mangekyo Sharingan

Mangekyo Sharingan adalah suatu bentuk penggunaan Sharingan yang lebih tinggi. Dalam penampilanya, Mangekyo Sharingan berbeda dengan Sharingan normal dimana semua titik pupil bersatu. Bentuk penyatuan antara pengguna yang satu dengan yang lain berbeda. Seperti halnya bentuk Mangekyo Sharingan yang dihasilkan Kakashi berbeda berbeda dengan yang dimiliki Itachi. Untuk mendapatkan kemampuan Mangekyo Sharingan membutuhkan pengorbanan yang besar. Seperti halnya Itachi yang memperoleh Mangekyo Sharingan dengan membunuh tema dekatnya sendiri Shisui Uchiha.

Kemampuan Mangekyo Sharingan seperti diperlihatkan ketika Kakashi memotong tangan Daidara menggunakan kekuatan ilusi. Kemampuang Mangekyo Sharingan yang dimiliki Itachi lebih tinggi dibanding Kakashi. Kemampuan ini dilihat ketika terjadi perkelahian antara Itachi melawan Kakashi dan juga Sasuke. Saat itu Kakashi dan juga Sasuke berhasil terperangkap di dalam pengaruh halusinasi yang dibuat Itachi terhadap keduanya. Hasilnya, keduanya harus rela mengalami koma dalam beberapa hari.

1 Komentar:

karyaku on 12 Maret, 2009 14:40 mengatakan...

sharingan kakashi lebih lemah dari hitachi,karena kakashi saat pertama menghadapi hitachi,hitachi menggunakan tsukoyime yang ditujukan pada kakashi,dan jurus itu merupakan jurus yang hanya bisa digunakan saat mata dalam keadaan mangekyou sharingan,jadi sharingan kakashi tak bisa di bilang lebih lemah,selain itu kakashi belum punya mangekyou sharingan,hal ini juga diperjelas saat hitaci dalam sharingan normal,ia seimbang dengan kakashi,masing2dpt menghindari serangan

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut