#menu li { position:static; }

07 April 2008

Sejarah panjang masuknya LINUX....


1st kesan pertama begitu menggoda

Sebenarnya sudah lama banget pingin review si coklat Ubuntu yang sudah cukup lama juga hinggap di kompiku. Awal mendengar kata Linux sudah cukup lama, sampai lupa tanggal dan jamnya bahkan tahunya pun lupa. he2.. penjelasan pertama mengenai Linux bahwa sang free operating system ini kebal dengan virus, gratis, perintah yang dijalankan rata-rata pake berbasis teks, banyak di pakai untuk keperluan server (walaupun awalnya ga tahu apa itu server..hi2).


Percobaan penginstalan pertama kira-kira tahun 2006, waktu ini menggunakan Linux RedHat yang terdiri dari 3 CD. Hasilnya berhasil walaupun banyak error di sana-sini. Dekstop yang kali bertama dilihat berhasil juga muncul meski tidak tahu apalagi yang harus dilakukan kecuali mainin game-game baru yang sudah terintegrasi hasil bawaan linux. Suatu kebanggaan sih karena jujur saat itu aku tidak pernah membaca buku segelintirpun tentang linux baik sistem partisi maupun cara kerja programnya..he2..Linux yang berhasil kuinstal tersebut pada akhirnya harus dihapus karena saat itu lagi tidak begitu hobi untuk ngutak-atik...lagi sibuk boz.

Percobaan kedua setahun setelah kesuksesan pertama. Distro yang dicobakan adalah kepunyaan Mandriva 2006. Niatnya sih ngisi kesuntukan akibat ga ada software baru lagi yang menarik. DVDnya sendiri kudapatkan saat jalan-jalan ke Mall mencari software baru. Namun bedanya dengan penginstalan pertama, untuk yang kedua ini aku terpaksa harus cari-cari referensi terlebih dahulu tentang cara penginstalan di komputer dengan dua sistem operasi. Karena saat itu aku sudah pake Om Windows XP.


2nd selanjutnya masa-masa gila

Proses penginstalan yang lumayan menegangkan akhrinya berhasil dengan sangat memuaskan. Windows XP dan Mandriva 2006 bersanding dengan serasi. Saat itu aku pilih dekstop Gnome. Tidak pusa dengan Gnome, rasa penasaran untuk mencoba dekstop KDE membuat penginstalan dilakukan kembali dan akhirnya juga berhasil. Penggunaan dekstop KDE ternyata tidak semulus yang dibayangkan, terdapat bug disana-sini. Beranjak dari inilah kompiku akhirnya mulai menjadi bahan percobaan. Proses format dan instal ulang windows pun akhirnya juga dimulai.

Proses kegagalan pertama dimulai saat perubahan dekstop KDE ke Gnome Mandriva dikarenakan DVD yang sudah tergores. Pemformatan akhirnya dilakukan..hiks2. Belum selesai dengan itu. Setelah semua berhasil diatasi keinginan untuk mencoba distro SUSE juga UBUNTU juga mengalami hal yang sama. Belum lagi kegagalan dikarenakan software Partition Magic yang membuat Bootloader menjadi corrupt...hiks3. Setelah dihitung-hitung pake kalkulator ternyata sudah 5x pemformatan dan penginstalan ulang dilakukan...hiks4.


3rd akhirnya menjadi sesuatu yang berharga

Kerbau tidak akan masuk ke lubang untuk kedua kalinya. Manusia..? 3, 5 tidak mengapa...ha2. Namun inilah yang disebut pengalaman berharga. Kegagalan penginstalan berbagai distro mengajarkan aku menganalis setiap kesalahan yang ada. Aku menjadi semakin rajin masuk ke forum-forum linux, mengeksplorasi linux lebih dalam lagi.

Pilihan untuk sekarang ini (tidak tahu nanti....soalnya coba2) aku menggunakan distronya si coklat UBUNTU. berbagai kendala penginstalan program akhirnya dapat kuselesaikan dengan baik. Menulis tugas, artikel, browsing, mendengarkan musik, menonton film, mendesain gambar dan foto dan beberapa aktifitas lainya berangsur-angsur kulakukan melalui OS Linuxu (Ubuntu). Walaupun untuk beberapa kegiatan yang lain aku masih meminta bantuan Om Windows...he2.

Ups...sampai disini dulu ceritanya. Ini hanya sekedar pengalaman dan ide. Ada baiknya kalian coba, kalau tidak mau ya terserah. Oh ya satu lagi targetku. Karena kuliahku yang belum kelar. Aku sudah memasang target untuk menyelesaikan skripsi menggunakan Ubuntu. Doakan yach...!

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Wahhh...hebat bgt pengalaman mu aq jadi iri. boleh donk ajarin aq sin...!!! aq sich emang anak TI cmn rada2 malas jadi banyak kali yang lom aq ketahui. Bener...good...n yahut.!

atul_ria_kdg@yahoo.co.id

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut