#menu li { position:static; }

31 Mei 2008

Buat peta hidupmu dengan MindJet MindManager

Sernahkah kamu membaca novel Ayat-ayat Cinta?
Sudahkah anda menonton film Ayat-ayat Cinta?

Jawab dolo dua pertanyaan diatas, atau minimal salah satu jawaban dari dua pertanyaan tersebut kamu jawab "Ya, sudah..!", setelah itu baru kamu bisa melanjutkan membaca postingan ini sampai habis..key!

Tulisan ini terinspirasi oleh cerita Ayat-ayat Cinta, lebih tepatnya kepada sosok peran utama "Fahri" yang memiliki kepribadian mulia, cerdas, disiplin, terencana...dan lain sebagainya dan kayaknya juga masuk kategori mahluk yang hampir punah. Kita tidak akan membicarakan sosok Fahri tentunya, he2x..karena membicarakan orang lain termasuk perbuatan dosa bukan...ehm!.

Dalam salah satu petikan cerita pada novel tersebut, Sang tokoh utama memiliki perencanaan hidup untuk kedepan dan dibuat dalam bentuk PETA KEHIDUPAN. Dalam peta tersebut tentu saja berisi perencanaan- perencanaan untuk langkah kedepan agar lebih tersusun rapi dan termanajemen dengan baik.

Untuk mencontoh dan membuat peta kehidupan, tentu saja kita bisa meniru kerja si Fahri. "Hare gene...!", siapa yang mau repot-repot menulis di selembar karton. Apalagi di tempel di depan meja belajar. Tidak masalah sih kalo kita tinggal di rumah pribadi/ortu, mungkin orang tua kita yang akan berdecak kagum melihat anaknya punya perencanaan yang tersusun rapi...dapat deh 2 jempol plus cupika-cupiki.

Urusan bisa menjadi lain kalau kita tinggal di kontrakan alias kos2an, alias kamar ukuran 3x5 dihuni 3 - 4 mahluk yang namanya manusia begundel. Bisa kena ejek 3x sehari, dengan salah satu kata yang pasti keluar "wah, kayaknya kawan kita bentar lagi kawin neh!" atau "Anggaran dana kayaknya lebih neh, bolehlah pinjem minggu depan balik!"...waaaaaa......capede!

Untuk menjadi baik pasti ada cara yang lebih baik, "kata mak gue tuh...!", Nah untuk punya peta kehidupan layaknya Fahri dan tampa di hantui rasa malu + was2 peta kita dilihat orang, gunakan cara ini. Tentu saja kita tidak menggunakan kertas/karton/papan layaknya jaman kompeni. Namun kita hanya butuh komputer/laptop yang di dalamnya terinstal software yang disebut MINDJET MINDMANAGER.


Software ini berfungsi layaknya peta berbentuk hampir mirip flowchart (mirip 25%). Dengan software ini kita bisa menuangkan ide-ide kreatif yang kita miliki, menuliskan point-point penting, menandai dan membubuhkan catatan maupun jadwal. Satu lagi yang menjadi nilai tambah, program ini dilengkapi security sehingga hanya tuhan dan kamulah yang bisa melihat peta hidupmu..he..he. "Kerenkan...!" (security berada di menu File - Security).

Gue memakai software ini untuk aktifitas perencanaan hidup, jadwal kegiatan, perencanaan website, action plant, dan masih banyak lagi. Tidak sabar mencoba dan ingin menjadi fahri-fahri yang lain? silakan comot softwarenya ini disini.
http://www.mindjet.com/

software ini tidak gratis, alias harus dibeli. Tapi jangan cemas pakai saja bajakanya (he..he, indonesia). Comot yang fersi trial kemudian cari cracknya di google.
Untuk tutorial mencari crack software di astalavista, silakan baca postingan gue di sini.

Selamat mencoba.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut