#menu li { position:static; }

07 Mei 2008

Instal program di ubuntu

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menginstal program di Ubuntu. Menggunakan terminal, lewat synaptic package manager dan Add/remove program. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk master mungkin lebih suka menggunakan terminal (kalangan linuxer bgt), untuk seorang newbie seperti aku kayaknya lebih suka makai pilihan yang ketiga kali ya. yupz...melalui add/remove program.

Melalui add/remove program kita bisa melihat seluruh aplikasi program, codec maupun plugin yang dapat dimasukan dalam ubuntu dengan lebih nyaman. Setiap program akan diberikan penjelasan dan keterangan tersendiri sehingga pengguna dapat mengetahui fungsi program dan sumber situs penyedia aplikasi tersebut.

Untuk mengakses Add/remove program di Ubuntu, Masuk ke menu Aplication - Add/Remove. Untuk kali ini kita coba menginstal codec multimedia untuk ubuntu (permasalahan pengguna ubuntu pertama biasanya bingung menginstal codec multimedia).


Setelah jendela Add/Remove program terbuka, Pada bagian show pilih All available aplicaion maksudnya agar ditampilkan seluruh aplikasi yang tersedia. Kita bisa mencari software satu persatu, namun untuk kali ini kita gunakan sistem pencarian karena kita sudah tahu kata kunci software tersebut. Pada bagian show ketik Gstremer (Gstremer adalah codec multimedia). Beri tanda centang seluruh aplikasi yang bernama gstremer kemudian klik Apply changes. sebelum proses dilakukan anda akan dituntut untuk memasukan password user. Masukan password kemudian tekan enter. Selanjutnya tinggal tunggu proses download program dan jika proses download telah selesai tinggal tunggu saja konfigurasinya.

Setelah selesai maka anda dapat memainkan seluruh file multimedia melalui aplikasi ubuntu. Selamat mencoba!
catatan: Untuk menggunakan aplikasi Add/Remove program anda harus terkoneksi dengan internet.

2 Komentar:

Basithium Fightereae on 13 Januari, 2009 16:07 mengatakan...

pak kalo tidak terkoneksi bisa gag?
download Gstreamer nya dimana yang cocok untuk komputer Intel..
annahl.bee@gmail.com

Muchlisin on 14 Januari, 2009 15:03 mengatakan...

Klo ga terkoneksi internet, solusi yg bisa dilakukan untuk penginstalan program di ubuntu adalah dengan menggunakan CD Reposity. Biasanya terdiri dari 5 keping DVD.

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut