#menu li { position:static; }

23 Agustus 2008

Langkah singkat mempercepat waktu booting komputer

Masalah klise dan klasik yang menghantui setiap komputer adalah waktu booting komputer. Dapat kita rasakan sendiri rasanya komputer kita makin lama saja bootingnya (padahal ini hanya perasaan kamu saja)..he..he.

Namun demikian jika memang komputer kamu terasa makin berat aja, tips lama ini tak salah untuk dicobakan. 

Clue-nya simple saja, sebenarnya setiap kali kita menginstalkan sebuah program di komputer, secara tidak langsung program akan menambahkan sebuah add-on yang dinamakan "crapware", baik tersimpan di service maupun di start-up. 

Beberapa contoh software maupun driver yang biasa menambahkan crapware diantaranya adalah: Winamp, Adobe, Microsoft Office, Yahoo Messenger, beberapa driver printer (terutama HP), dan banyak lagi.

Meskipun begitu ada beberapa crapware yang memang penting dan harus di load saat komputer booting. Misalnya file system di windows dan anti virus. Jadi intinya kita juga harus selektif dalam menghapus program crapware di service maupaun Start-up.

Marilah kita cobakan langkah simple berikut untuk mendeteksi dan menghapus crapware yang tidak diperlukan.

Pertama, buka Run di Start Menu kemudian ketikan MSCONFIG dan tekan Enter.
Klik tab Service, kemudian beri centang "Hide all microsoft service". Perhatikan anti virus yang anda gunakan. Selanjutnya hilangkan seluruh centang yang ada selain anti virus yang sedang berjalan.

Kemudian klik tab Startup. Sama seperti pada service tadi, matikan seluruh Startup yang ada kecuali untuk file system windows dan anti virus. Atau jika kamu menggunakan visual theme misalnya Vista Transformation, Vista inspirat, flykit osx, Windows blind atau Style XP, startupnya sebaiknya diaktifkan.  

Untuk menandai file system atau bukan, coba perhatikan bagian command. Jika berada pada directory C:\Windows\System 32, maka itu adalah file system dan jangan dimatikan.  

Sudah selesai, coba lihat hasilnya!, Klik Apply kemudian OK maka komputer akan restart. Coba bandingkan waktu booting sebelum dan sesudah kamu cobakan tips ini. Gimana? lumayan cepatkan....Selamat mencoba.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut