#menu li { position:static; }

03 September 2008

Mencuri Listrik PLN

Sebelumnya saya mohon maaf kepada Bapak2 petugas PLN karena telah mempublikasikan artikel yang seharusnya tidak boleh ada. Juga kepada Pak Polisi yang terhormat, harap jangan salahkan saya. Apalagi kepada Admin Blogger, mohon diperkenankan blog saya agar tetap eksis jangan dicabut..he..he.

Tulisan ini hanya berupa ide yang murni keluar dari otak gila saya, kalaupun dilakukan itu hanya kebetulan. Dan satu hal yang perlu diingat, mencuri apapun bentuknya adalah tindakan tercela yang merugikan orang lain.

Coba perhatikan gambar di bawah ini. Ini adalah salah satu cara mengakali pencurian listrik yang cukup aman dan sulit untuk dideteksi. kalaupun Bapak petugas PLN benar2 nekat dan curiga, ("Harus manjat Plafon dulu!..he..he"). Membutuhkan analisa yang jeli untuk membongkarnya. "Wah keren nih...!"




Caranya sebenarnya sederhana. Bahan yang digunakan adalah sebuah Kontaktor, beberapa meter kabel dan peralatan tangan kelistrikan (Tang, obeng, lakban, dll). Serta tidak lupa sedikit pengetahuan tentang cara menyambung kabel, mengisolasi kabel, menyekrup, dan teknik panjat- memanjat plafon.
(Sedikit tambahan, Kontaktor dapat dibeli di toko listrik. Bilang saja beli kontaktor jenis SK-12. Harganya ga nyampe cepek).

Sudah cukup, ayo kita mulai!.

Pertama. Coba lihat meteran di yang ada di rumah kamu. Kemudian perhatikan kabel dari jalur PLN. "Oke, dah dapet". Tetapkan dimana kamu akan mencuri/menyambung kabel dari jalur PLN sebelum masuk meteran. Sebaiknya posisi penyambungan harus tidak terlihat dari luar (usahakan deh bagaimana bisa tersembunyi).

Kedua. Sekarang kamu sambung dulu kontaktornya. Penting...!, Matikan MCB di bawah meteran sebelum meyambung. Sambung seperti pada gambar di atas. Ingat!...nomor kode kontaktor bisa dilihat dari bodynya, jadi perhatikan bodynya baik-baik. Kemudian sambung ke masing-masing kode tersebut. Lebih baik menyambung ke beban normal dan ke beban curian terlebih dahulu. kemudian baru ke jaringan PLN.
(Hati-hati meyambung ke jaringan PLN, karena masih ada tegangan. Jika ragu sebaiknya jangan dan suruh ke orang lain yang mampu.)

Ketiga. Tempatkan kontaktor pada tempat yang tersembunyi. Rapikan seolah-olah tidak ada sambungan liar. Tutup semua sambungan dengan lakban.

Yupz....sudah, Selamat bereksperimen. Ingat sekali lagi ini hanya pengetahuan. "Please don't try at home"



144 Komentar:

Anonim mengatakan...

PLN gak kalah pinter mas..
Dia bawa tang ampere. Diukurarus masuk dan keluar. Kalo beda langsung dibilang pencurian.

Muchlisin on 19 Februari, 2009 15:43 mengatakan...

Hmm... saya rasa jarang petugas PLN yang mau repot priksain meteran di rumah, kecuali di industri atau rumah/kantor dengan beban 3 fasa...

kalaupun dengan tang amper, kebiasaan petugas adalah mematikan dahulu MCB beban utama, kemudian baru diukur, ini tentu saja tidak berjalan karena kontak pencurian (kontaktor) telah off lebih dahulu.. kenapa? karena kontak pencurian diaktifkan lewat MCB utama..

he..he, keren bukan

aku on 01 Maret, 2009 12:57 mengatakan...

Bisa aja artikelnya mas... :)) :))

tarja mengatakan...

bleh juga mas, tp sethu sy d kontaktornya nggak ada A1& A2 jd....

Muchlisin on 15 April, 2009 11:38 mengatakan...

Mudah2an ada mas, tapi yang model SK. Kalaupun tidak ada itu hanya masalah label, biasanya kalo ngga A1-A2, A-B, atau tergantung merk kontaktornya. Yang penting pengganti A1-A2 dihubungkan dengan koil kontaktor.

Anonim mengatakan...

:)) admin blog tau celahnya dari tukang PLN, mantab tutornya nga sbarapa sih nyolong punya negara dibanding pejabat korup. lanjut boS...

Anonim mengatakan...

ya, silakan dicoba...
sedikit informasi nih, kebeneran saya baru kerja di PLN.
di PLN itu, ada suatu kegiatan yg bertujuan untuk menjaring pencurian listrik PLN. namanya P2TL. tuh, klo ketauan, ya lumayan dendanya....

Anonim mengatakan...

Bagus postingannya, buat newbie boleh lah.
PLN Sdh mentertibkan Jalur kabel yang dari tiang listrik menuju meteran mcb sudah tidak boleh lewat dalam flapon lagi, harus terlihat dan berada di depan rumah, lah nyantolnya dimana klo sudah kaya gitu.??? =))

Anonim mengatakan...

Apapun bentuknya, kalo masih memperdayai kabel sblm masuk meter akan ketahuan bro,,,,, bikin dong yg tanpa memperdayai kabel sblm meter, Bisa????

remonwell mengatakan...

SIP MAS......
boleh di coba tuh.....
cz di rumah biayalistrik mahal buanget...

Anonim mengatakan...

tapi kelemahan pake alat ini pada waktu tegangan tidak stabil or tegangan turun....
diakan ptus-nyambung2 terus....

but ini cara ter save...

Anonim mengatakan...

Team P2TL :
Kepada semua Pelanggan PLN,Pencurian aliran listrik melalui cara apapun merupakan tindak kejahatan yang tidak hanya merugikan PT PLN (Persero) sebagai pemasok tenaga listrik, namun juga sangat merugikan pelanggan yang baik dan masyarakat setempat. Misalnya, tegangan menjadi turun dan mengakibatkan peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya akan cepat rusak karena tidak dapat berfungsi dengan baik.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2002 tentang Ketenagalistrikan bahwa pelaku pencurian aliran listrik dapat dikenakan hukuman denda maksimal sebesar Rp. 500.000.000,- dan hukuman pidana maksimal 5 tahun.

Hal-hal yang dapat dikategorikan sebagai Tindakan Pencurian Aliran Listrik

Menyambung langsung aliran listrik :

Menyambung dengan kabel langsung ke jaringan instalasi PT PLN (Persero) untuk memperoleh aliran listrik dan dipakai untuk kepentingan diri sendiri maupun orang lain.
Menyambung langsung (mencantol) dengan kabel ke jaringan instalasi PT PLN (Persero) untuk penerangan jalan lingkungan/sarana umum, walaupun sifatnya untuk kepentingan umum, hal ini tetap tidak dibenarkan. Jalan keluarnya adalah warga dapat mengajukan permohonan secara kolektif Rukun Warga kepada Pemda setempat sebagai penanggungjawab pelaksana.

Mempengaruhi pembatas daya :

Mempengaruhi pembatas (misal MCB, NH Fuse) secara ilegal agar dapat menggunakan aliran listrik dengan daya yang lebih besar dari daya terpasang/ kontrak. Tindakan ini biasanya diiringi dengan membuka atau mengganggu segel pembatas.

Mempengaruhi pemakaian energi :

Mempengaruhi alat ukur (kWh dan/ kVARh meter maupun asesorisnya, misal : CT, PT) agar sapat menggunakan aliran listrik dengan perhitungan rekening yang murah. Tujuan utama adalah memperlambat atau bahkan menghentikan pengukuran energi listrik yang dipakai.

Anonim mengatakan...

acik, pln x ceramah, cuman ndak abis pikir, knapa tetep listrik masih byarpet? meski nyang nyolong dah pada kebabat mua? trus konpensasi bagi costumer ngak ada..smisal pemotongan tagihan listrik atau apalah..malah kami aja dah 10 thn ngak nikmati listrik sama sekali..padahal kami diibukota kabupaten tinggalx. introspeksi diri dong.jangan ambil untung dr penderitaan masyarakat yg dah teramat susah skrng ini..capek.deh...

Anonim mengatakan...

wehhhhh energi8 jika tidak dicuri buruan kecuri ama pihak pln sendiri,aku salut ama gagasan ini,sekalian buat nguji pihak pln nggak tolol dan bodoh

Anonim mengatakan...

yeeah, namanye juge usahe kadang hasil kadang kagak

toko furniture online on 11 September, 2010 06:14 mengatakan...

Putaran meter saya putarannya cepet banget. gimana caranya menormalkan ya?

Anonim mengatakan...

Brur Muchlisin, pnya cara bwt hack meteran prabayar yang baru ga? Thanx

Anonim mengatakan...

untuk Team P2TL, anda memang fasih dalam menerangkan segala efek negaatif maupun aturan bagi konsumen PT PLN yang mencuri listrik, namun yang saya tanyakan, apakah anda bisa fasih menerangkan bagaimana cara menanggulani korupsi pejabat PLN dilingkingan pembangkit PLN terutama pembangkit2 listrik PLTD? coba hitung jika 1 Mega watt membutuhkan berapa liter solar? dan berapa liter solar yang dapat dijual dengan mematikan aliran listrik didaerah kami selama 1-3 jam dengan alasan perawatan . eng ing eng sungguh tidak sedikit bukan. sebelum memberikan tanggapa mengenai aturan main silahkan introspeksi perusahaan anda terutama yang didaerah dengan pembangkit PLTD karena ini memang dirahasiakan dari pemerintah dan umum, sebenarnya bukan berniat offence tetapi diawal telah di tetapkan bahwa artikel ini untuk pembelajaran dan penulis memberitahukan untuk tidak mencobanya sehingga janganlah anda berfikir semua pembacaa tidak mengetahui aturan main seperti yang anda jabarkan diatas. sekarang pertanyaannya adalah mampukan anda menertibkan para pejabat yang korupsi solar tersebut tanpa bantuan pihak manapun?

Anonim mengatakan...

untuk Team P2TL...yang pasang alat mcb illegal orang2 PLN sendiri dengan bayaran yg lumayan mahal.....dahulu PLN dibuat menggunakan uang rakyat dari pajak setelah berdiri ...rakyat mau tambah daya aja dicekik mahal banget seolah2 itu perusahaan nenekmu... gimana gak mau ada pencurian..

Anonim mengatakan...

setuju... gayanya saja murah klo mau poasang baru listrik. Pdhal harganya sampai 3 juta, n kalo ga mau segitu, ga diurus cepat2. org PLN tuh banyak yg makan uang haram.

Anonim mengatakan...

tolong teliti dong cara mengakali token prabayar cz bengkak terus nih pemakaiannya

Anonim mengatakan...

seumpama ketahuan mohon jangan ngeyel...dan sanggup bayar dendanya,

Anonim mengatakan...

untuk Petugasa PLN ,,,,
seandainya Ketahuan Ada pelanggan mencuri lIstriK.
Dan Didenda dan di penjara.
Pasti Hukum Berlaku bagi rakyat Kecil
Dan Bagi pajabat Listrik yang Koruptor ga' akan diproses alias Kebal Hukum

Anonim mengatakan...

baik pelanggan atau petugas sama saja..
pelanggan kadang penipu, petugas juga kadang penipu..
tetapi memang tidak semuanya, masih ada juga petugas dan pelanggan yang jujur...
nah, kita termasuk yang mana nih???

Anonim mengatakan...

duh sayang sekali...namanya muchlisin ..guru lg...np ngajari g bener....yeh..ingat bro..hukum karma ..lagian tehnologi jadul gitu mudah sekali ketahuan...

Anonim mengatakan...

bobroknya negara ini..............

Anonim mengatakan...

jancukk,,,kabeh podo ngomong opo sih????jembut uenak di cukur,,etel enak di jlat,,tempek enak disedooot.....turuk enak di garukel truk asu,,,,pln,,,pancenn gatellll

yusron on 10 Mei, 2011 03:43 mengatakan...

pak muslich aku mau tanya kalo misal aku ambil fasa dari PLN terus netral dari PLN aku putus aku ganti dengan arde ato ground yang aku buat sendiri... apa meteran listrik masih bisa berjalan? and apakah fasa and ground itu bisa di pake?

Anonim mengatakan...

PLN..PLN....enak emang ngomong masalh hukum....sayangnya rakyat bawah sdh biasa kena hukum jadi ga ngaruh...mau dihukum tidak dihukum sdh sama2 menderita...klo koruptor dihukum semua penjara ga muat...apalagi curi listrik..

Anonim mengatakan...

Kantor PLN banyak calonya lagi....!

Anonim mengatakan...

Ya, silahkan jadi pencuri ... nafkah penghuni rumah tersebut akan selamanya tidak berkah ... Hahaha, akibat dicampuri dengan penerangan curian.

Anonim mengatakan...

thread keren nih..
ane juga udah paham bagaimana caranya mencuri listrik bahkan mengakali meteran PLN maupun PAM.
nah yg menjadi ane harus belajar lagi, sekarang ini PLN sudah menggunakan meteran Pulsa (DIGITAL) yg dimana cara diatas sudah tidak berguna lagi. apa kita bisa saling share mengenai hal tsb ?
thx

Anonim mengatakan...

Pejabat PLN ko pake Listriknya, GRATIS yah, enak yah jadi pejabat PLN, pake listrik inventaris.
meter Prabayar kan dalemnya mikroprocessor yang bisa diubah programnya, diperlambat counternya he heh, hebat ada tampernya bisa ngukur arus balik ada rangkaian Shunt, tapi tenang masih bisa diakalin, ada teknologi kok

Anonim mengatakan...

Meter pra bayar dapat mendeteksi melalui kawat Netral, jadi klo mo ambil sebelum kwh harus dua2nya (Fasa & netral). pada kawat netral juga ada sinyal internetnya, jadi mungkin kwh prabayar bisa konek langsung ke internet lewat kabel netral sehingga terdeteksi di kantor PLN. Tanding teknologi lah

Anonim mengatakan...

Untuk mencuri listrik prabayar sangat mudah...kalau pingin tau kirim email ke aah_dedek@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Pegawai / Pejabat PLN ga ada saorang pun yang bayar listriknya GRATIS, semuanya sama ga ada perlakuan khusus.

Kalo masalah curi listrik yang berat ya di penulis artikel, menyebarkan fitnah/dosa.. selama itu digunakan oleh orang lain maka dia juga akan terkena imbasnya.

Anonim mengatakan...

Cara seperti itu udah kuno bro....!!!

wahyudirizal on 21 Oktober, 2011 09:26 mengatakan...

indonesia ini ancamannya aja yang ngeri mas,,mau 500jt atau 1 miliar sama aja...
buktinya di jakarta aja,,brapa ribu rumah tu yang jelas2 nyuri listrik PLN tpi sampe skrg gak prnah dgr tu di hukum atau didenda..
lagian PLN dah balik modal kayaknya,,,
dalam 1 bulan milyaran PLN dapet,,sedangkan harga gneratornya aja gak sampe miliaran,,jd mana peduli PLN...toh dia dah untung banget....

GravityPower generator on 22 Oktober, 2011 19:27 mengatakan...

WWW.gravitypower-generator.blogspot.com

GravityPOWER-generator' s goal is to solve a huge future societal need; clean energy generation must increase significantly from wind, solar and other renewable sources. Much of this generation is intermittent and must be matched to the needs of operating electric grids and thus be dispatchable power. This must be done to avoid an environmental emergency as growing global power markets will have a choice; build more coal and gas plants or build alot more renewable energy generation. For the degree of new renewable generation really required to be practically deployed, a huge amount of energy storage will be necessary. Gravity Power Modules can provide clean energy storage to match renewables to demand and to provide clean peaker power as markets grow worldwide. We are committed to the future as one with clean generation enabled by clean energy storage.

GravityPOWER XGENone

Spesifikasi :
Dimensi : L : 1700 cm X T : 1200 cm X P : 100 cm
Generator : Marelli AVR 20 Kva
Driver : Marelli + Gear Box
Gravity Wheel : 100 cm + 3X14 Kg
Speed : up 500 Rpm ( wheel)
Rangka : Baja U
Kontrol Panel : Outo Magnet / Manual.
Ouput : 220/ 240 VAC 50/ 60 Hz
Capacity : 5 - 100 Kva

Sample :
Roda Grafitasi :
Berat : 14 Kg
Radius : 100 cm
Torsi : 68, 6 N/ m
W : 1000 Watt / mnt
Kw : 8.073.122, 4 / 60.000 = 134 Kw

GravityPOWER SAVER 1200. [ 1FASE /3FASE]

Anonim mengatakan...

Seluruh aparatur negara sudah bobrok bro...
Dari Sabang sampai Merauke hancur mental kebangsaannya dibuat oleh aparat Pemerintah.
Lebih baik ga ada itu Pemerintah (pemerintah yg korup). Muak saya lihat sana sini denda, sanksi tai kucing, dsb.
KIta dibuat dibagian bawah-menengah bergesekan untuk mennyangah kehidupan para pejabat2 negara.
Denda gila2an. Nyolong 100rb denda 500jt s/d 1M. Korupsi 1M, bebas lepas buang 500jt, masih untung 500jt...... Malah sama aparat disuruh korupsi lagi yang banyak heheheheh. INDONESIA ACUR Kl kayak gini terus...

Anonim mengatakan...

ada cara lain ga tau sebutannya mencuri ato bukan.
Putaran piringannya bisa diatur lambat atau bahkan brenti sama sekali tapi listrik di rmh tetep nyala. Ada yang minat ?

Anonim mengatakan...

mas kontaktornya itu, dalam hal ini berperan sebagai apa?

Anonim mengatakan...

sokkk atuhh... silahkan di coba.. tp siap" aja dpt tagihan susulan.... nilainya cukup lumayan besar broo...

siap" untuk dipadamkan.. artinya siapkan lilin untuk penerangan.. apalagi kalau mempergunakan kwh meter pra bayar... siap" aja di putus dari tiang.........


selama teridikasi ada pencurian listrik di suatu tempat... pasti akan dibongkar habis....

mau ditanam dalam beton sekalipun akan tetap di bongkar Paksa...

JIKA TERJADI PEMBONGKARAN PAKSA ... APABILA TIDAK DITEMUKAN BUKTI KERUSAKAN AKAN DIGANTI...
TAPI JIKA DITEMUKAN BUKTI KERUSAKAN AKAN HARUS DITANGGUNG SENDIRI.....

dr hasil temuan dilapangan
modus kontaktor\relay itu paling mudah terdeteksi bro...

Anonim mengatakan...

semakin banyak yg mencuri listrik kami semakin senang.. bagi anda yang belum melakukan pencurian listrik silakan secepatnya melakukan hal tersebut... hahahaha...

tidak perlu menyebutkan dimana alamat atau dimana lokasi pencuriannya ......

selama masih ada tiang listrik dan gardunya...
pasti kita akan bertemu dirumah anda...


silahkan di tunggu, pada waktunya nanti kita akan bertemu

Anonim mengatakan...

wah rame tanan...kacang-kacang..siap yang mau beli kacang..lumayan buat nyemil sambil nyampah gak jelas, debat terus gk da jalan keluar..
NKRI MERDEKAAAA........!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

PLN KORUP, NO WAY...!!!!!

Anonim mengatakan...

bro bagaimana kalau mau memperlambat putaran/kedipan lampu merah yg di meteran, karena saya pakai meteran yang baru, yang mana meteran tersebut tdk pakai putan lagi, tks

Anonim mengatakan...

kontaktor mah suaranya kenceng broo..klo kita cek lewat MCB meteran dengan cara meng OFF dan meng ON kan MCB itu kontaktor pasti bunyi cetok..klo dah bunyi gitu ya dah pasti ketauan klo ada kecurangan nah klo dah gitu petugas tinggal naik aja deh dan kemudian tinggal dipotong aja itu kabel dan petugas PLN tinngal bawa itu bukti kekantor dan ninggalin surat P2TL dan kemudian terserah PLN mau diproses lewat pidana atau perdata atau diproses lewat kedua2nya...hahahahah..kurang pinter tuh yang bikin artikel kurang encer otaknya

Anonim mengatakan...

pln anjing...........

Anonim mengatakan...

DARI PADA KALIAN DEBAT RAME GAK JELAS MENDINGAN RAME2x KITA BERSATU DAN PERANG ... BUNUH PEMERINTAH INDONESIA SEKARANG JUGA.... BUNUH ANTEK2x BENALU BANGSA...BAKAR KUTU2x DI BADAN GARUDA GAGAH KITA....SALAM RAKYAT INDONESIA YANG MASIH BELUM MERDEKA....

Anonim mengatakan...

pln memang seenak udelnya aja.pernah ganti meteran alih2 katanya mau dikalibrasi.angka meternya diset ulang dari nol.pas bulan pertama bayarnya standar ga begitu mahal tapi pas 2 bulan berikutnya harga tagihan bengkak 3 kali lipat.alasannya 2 bulan pertama ga dihitung meterannya.padahal sampai 4 bulan berikutnya juga ga pernah didatangi pencatat meter.soalnya rumah ga pernah dikosongin jadi tau persis ga pernah ada yang nyatet meteran.intinya meteran maen tembak aja.begitu ganti prabayar pulsa juga boros banget.dasar pln semprul.mana pelayanannya buruk.tiap minggu mati listrik.

Anonim mengatakan...

pln anjing.korupsi dimana mana.ngakunya rugi.tai.tukang vcd pinggir jalan yang dikejar satpol pp karena ilegal aja bisa dapat sambungan listrik.monyet luh.cuih.bangsat.babi.anjing lu pln.

OKE... mengatakan...

GUE SUPPLIER ALAT ALAT PLN.. YANG TIAP HARINYA HARUS SOGOK TIAP KEPALA CABANG PLN..... WAAAHHHHHHH PLN..... LADANG KORUPTORRRRRRRRRRRR........ PANTES AJA LAPORAN P/L NYA RUGI TERUSS.......

Anonim mengatakan...

sadar lah manusia, PLN itu gak ada untung nya kalo untuk perumahan, yang ada kerugian, krn uu aja harus mengayomi masyarakat, bayangkan jika kita menggunakan lampu minyak tanah, atau genset pribadi, berapa biaya sebulan yg harus di keluarkan?? di banding bayar tagihan PLN,

Anonim mengatakan...

:::-SEDIKIT CERITA TENTANG RAKUSNYA PLN-:::
kmrin aq br mau pasang listrik, kbetulan aq ngontrak dslah satu rmh yg blm punya listrik. trus aq ke pln mau pasang br listrik, berkas yg diminta udah kelar smua, trxta rmh trsbut ada tunggakanx. yg parahnya lg ni dan bkin aq ESMOSIS.. :D masa aq dsuruh bayar dl tunggakannya, br PLN mau masang br. saking ESMOSISNYA ni.. dan krn kelamaan debat2x, aq ngomong ke pegawainya : "HAI.. TAPLAK MEJA, KALAU DUITNYA, AKU BAYAR, DUITNYA MASUK KE KAS NEGARA ATAU MASUK KE KANTONG BALIK CELANAMU??

Anonim mengatakan...

pln hahhaaa

Anonim mengatakan...

Lbh parah lg 3trafo untk 2.850 KK.Mati lampu tiap hari..emang picex hatinurani para pejabat PLN.braniny ama rakyt kecil.

Anonim mengatakan...

ini teknik wiring yang sederhana.. dan saya rasa Pihak PLN juga udah tau untuk menangani seperti ini, anda berbuat tindakan pidana..resiko di denda dan di penjara, tergatung anda menyikapinya...

Anonim mengatakan...

ziieeep.....

orang bodoh mengatakan...

kalo mau listrik gratis ya caranya mudah...
tapi hanya bisa buat hidupin lampu doang
ambil aja kabel panjang trus tanam tuh kabel dalem2 ke tanah trus apinya khan dah ada dari pln
kkkkkkkkkkkkkkkk

romeo azza on 08 Mei, 2012 13:04 mengatakan...

bagus juga tuh...tpi lebih bagus lagi klo pake 2 kwh

Romadhon on 21 Mei, 2012 09:01 mengatakan...

Tidak usah sok-sok menyalahkan pemerintah.
Merasa diri sendiri paling benar sementara pemerintah dan PLN 100% pasti selalu salah dan penindas rakyat. Egoisnya kalian menuduh aparatur itu menipu dan jahat.

Kalian juga harus sadar bahwa asal-usul mereka pun berasal dari masyarakat. Pemerintah atau pun aset-asetnya (PLN, Pertamina, dll) berasal dari orang yang lebih terdidik. Jadi, jika ada anggapan bahwa pemerintah atau pun aset-asetnya (PLN, Pertamina, dll) itu bobrok. Maka anda harus setuju jika masyarakat umum justru jauh lebih bobrok..!!
Yang namanya perampok, preman, pelacur, pengangguran, dukun dan makhluk2 rusak lainnya bersala dari rakyat, berasal dari masyarakat.

Muchlisin juga jadi contohnya, seorang guru mengajarkan cara mencurangi/mencuri. Ilmu itu kalau mengundang dosa nggak usah disebarkan laaah. Kurang kerjaan dan tidak manfaat.

Pegawai PLN gak bayar listrik??? kate siape lo??
mereka juga bayar listrik, terlebih pegawai PLN diwajibkan pake listrik prabayar sebagai percontohan kepada lingkungan sendiri. Mana bisa gak bayar apalagi nunggak.

Anda harus tau kalau listrik itu memang mahal. Sudah beruntung dikasih subsidi, nawar lagi. Masyarakat manja banget. Kalau nggak punya duit gak usah maksain pake listrik.

Lu tau gak berapa tunggakan listrik pasca bayar hah?? Nilainya bisa puluhan milyar rupiah sebulan. Ulah siapa itu??? RAKYAT..!!!
Ngawur aja lu bilang rakyat selalu ditindas.
Rakyat sering nggak sadar bahwa mereka sering mencurangi sistem yang dibuat oleh pemerintah untuk ngatur negara padahal yang rugi adalah rakyat negara. Kelakuan mikirnya keuntungan pribadi jangka pendek, ruginya negara jangka panjang nyet..!!

Kelakuan masyarakat, menguntungkan kagak tapi merugikan iya. Udah gitu sok2 paling bener kalo cuap-cuap di internet. Ngaca dong, udah punya jasa apa untuk negara. Jangan cuma mikirin ego sendiri..!!

Anonim mengatakan...

goooombal....................

Anonim mengatakan...

@Romadhon : anda bisa ngomong begitu harusnya anda sudah bisa menjamin kesejahteraan rakyat ditangan anda sampai darah anda buat jaminan dan akhir pengabdian anda kepada negara..
:salute Semoga allah memberi balasan yg terbaik buat anda..

he..he..

Setau saya tanpa rakyat.. pemerintah dan perangkatnya gk bakal ada..
Namun atas karena janji sebuah kesejahteraan
saya selaku salah satu rakyat kecil menjamin dan mendukung orang yg benar" ingin mensejahterakan rakyat...

PLN kerugian ditanggung negara = dilimpahkan ke rakyat dengan sebuah pajak pembayaran yg ditekankan ke rakyat...

Bersyukurlah anda yg sudah kerja dan bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga anda dengan uang 100% halal... @Romadhon

Saya selaku salah satu rakya kecil hanya bisa bertahan hidup sampai akhir hayat...
Semoga ALLAH SWT memberi hikmah atas segala sesuatunya..

pulsa on 26 Mei, 2012 23:03 mengatakan...

kontaktornya kan berbunyi keras sekali jika ,ketika kwh meter di on off berkali kali sangat mudah orang pln mendeteksi adanya pencurian listrik , karana suara kontaktor itu saat konek berbunyi sudah pasti ke tauan gan , rajia pencurian pln sudah berpenggalaman gan dari penghitungan beban yg di pakai , jika tidak terjadi kwh jeptret pun sudah mencurigan ,.mending bayar aja gan biar aman , bayangkan jika banyak orang melakukan pencurian pln, apa g terbayang itu pln bisa bangkrut jika bangkrut dunia gelap kembali ke ke jaman dulu..

kalaw soal politik ane no koment dah g tau apa apa cuman rakyat kecil ane . tapi saran ane mending jangan mencuri dech biarkan saja pemerintah mau korup ataw apalah saya g ngerti politik yang penting kita sebagai rakyat kecil jangan sama 2 korup .. rezeki mah udah ada yang ngatur

aro on 27 Mei, 2012 16:00 mengatakan...

makasih sama postingnya yg lumayan berguna buat saya, saya usul nurunin daya eh dah seminggu lebih masih belum dibenerin meterannya, kalau beli pulsa tokennya sudah berubah tp pas begitu dimasukin tokennya gak bisa masuk, laporan sama PLN katanya ini harus disetting ulang meterannya tunggu aja ya pak, katanya gimana saya bisa nunggu sementara listrik saya harus padam, terpaksa deh nyuri kaya yang diceritakan pada postingan ini, makasih yaaa

Anonim mengatakan...

ahhhhhhhh.....sebenernya kalo masalah kaya gini bisa di bilang masalah kecil n ga ada apa apanya di bandingkan dengan NLP ITU SENDIRI (KARYAWAN.Mulai dari bawah sampi tingkat atas sama /////tidak 100% bener, banyak kasus kasus dari mulai kasus GEDE yang melibatkan petinggi di NLP sampe kasus micro yang melibatkan karyawan lapangan....!!!Coba kalian pikir kalo ada salah satu pelanggan NLP yang mencuri listrik apapun jenisnya dan caranya siapa coba yang berkuasa memeriksanya...????ya PLN(Team P2TL)pokonya yang ketauan bisa di pres abis2an +pake anycam anycaman kurungan maupun denda...nah beda halnya dengan karyawan NLP mulai tingkat bawah sampe tingkat atas kalo salah satu dari mereka menycuri listrik /UANGNYA,,,siapa yang memeriksanya...????terus kalo ketauan sama Team P2TL....????yaaaa gitu deh ngopi ngopiiiiii..../orang itu temen temennya yang sama hobiny mulai dari bawah sampe atas sama hobinya.....COBA KALO ADA TEM P2BP2TLSSSS(Penertiban Pemakaian Bagi Pekerja NLP sopinter sobisa soberkuasa soSUCI)ga usah pake anycam anyacamanlah kasian....jadi ada baiknya sebelum membenahi pelanggan yang nakal ada baiknya membenahi dulu di PT NLP persero itu sendiri....

Anonim mengatakan...

saya ngeri kalo baca undang2 tenttng pencurian listrik,tapi kalo gak ingin di curi orang pln mesti nya nyari uang yang halal jangan mentang2kerja buat pln tpi pasang harga semau nya sendiri,ini buat renungan para petugas pln khusus nya di banjarmasin

seisei on 02 Juni, 2012 06:48 mengatakan...

rakyat kecil nyolong listrik ?? pasti di usut tuntas,,, pejabat tinggi korupsi uang rakyat ?? adem ayeeeeeeeeeeemmmm.... :D

Anonim mengatakan...

kalo mau aman cara nyolong listrik minta bantuan ke petugas PLN... pasti di jamin AMAN... bagi2 rezeki lah... xixixixi

Anonim mengatakan...

bang Muchlisin.. sukses selalu... kembang kan cara hack yang lebih mutakhir... ok bang.. lanjuuuuuuuuutttttt...

Anonim mengatakan...

pengetahuan nya sangat lah bagus pak
tapi saya ungin tahu lagi modus pencurian 3 fasa seperti apa ?

Anonim mengatakan...

Pln penipu, lintah darat.pemunuh rakyat sumpahi keturunannya jadi anjing.

Anonim mengatakan...

saya petugas pln yang biasa menerima jasa pemasangan konektor dan di jamin aman..

Anonim mengatakan...

jangan khawatir kawan.........petugas dan pemakai listrik juga butuh makan.......

Parto on 27 Juni, 2012 12:10 mengatakan...

tahun 70an dulu waktu saya masih kecil bapak saya udah mempraktekkan hal seperti ini...

idenya basi mas... udah ketinggalan jaman 40tahun

Anonim mengatakan...

LISTRIK UNTUK RAKYAT.... SILAHKAN PAKAI DENGAN CARA APA SAJA.....,APAPUN CARANYA....DIPERBOLEHKAN....., MENCURI LISTRIK ITU HANYA KALIMAT VERSI PEMBODOHAN UNTUK RAKYAT DARI PLN.SEKALI LAGI JANGAN MAU DIBODOHIN OLEH PLN....SEGERA PAKAILAH LISTRIK DG CARA APA SAJA......DAN RAKYAT BUKANLAH PENCURI....,KARENA UNDANG-UNDANG DAN KUHP DI INDONESIA TIDAK SAH....

Anonim mengatakan...

kalo ga ada listrik susah juga kalee. pake obor takut kebakaran....
kita doain aja duit yang di korupkan oleh petugas pln menjadi berkah buat keluarganya,, kasihan keluarganya makan duit haram terus.. gara 2 oknum yang berbuat curang.
buat petugas yang diatas yang sering menangnkap pencurian listrik trus pasti lo minta sogokan supaya listriknya ga di putus.. ingat lo azab allah

Anonim mengatakan...

Knp kita jadi ribut mslh listrik...Biarin aja,yang nyolong dosanya tanggung ndiri,saran saya ya ...Cobalah gali pengetahuan untk kita bisa menciptakan energi yg lain,agar kita ga selamanya bergantung sama orang lain..Piss

Anonim mengatakan...

Otak lu semua dah kaga jalan ye? GA MASALAH PLN MAU NYURI,LU BAYANGIN AJA TETANGGA ELU MAKAN BOKER,ELU MAU IKUTAN GA?

ORANG CERDAS on 08 Juli, 2012 23:06 mengatakan...

jangan sampai karena orang korupsi kita membenarkan tindakan yang merugikan negara.anggap saja seperti ini : Tetangga anda makan KOTORAN, apakah anda akan ikut makan?begitulah Ibaratnya HASIL CURIAN....CUMAN TAIK KOTORAN.HABIS MASUK PERUT JADI BOKER.

Anonim mengatakan...

semua terjadi karena ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah, terutama BUMN PLN.... Para pegawai PLN harap Sadar diri....

Anonim mengatakan...

PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK
PLN kasian tuh merugi trus krn dicuri arusnya.

KAMSUTNYA YANG RUGI KARYAWANNYA & PEJABAT PLN GAK

BISA KORUPSI KRN GAK PADA BAYAR

KWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKKKKKK

Anonim mengatakan...

Cara ini masih sangat efektif, bahkan dari pihak pln juga menyarankan ini untuk mencari uang lebih pada pelanggan yg dipercayainya... sekali pasang plus ngakali 500ribu, belum lagi lain-lainnya.

Anonim mengatakan...

kata gajah ama kucing: sok jagoan amat sih lo,keci2 sdh pake kumis.
kucing balas omongan Gajah: badan aja di gedein tp tolol,kontol lo taro d muka

Anonim mengatakan...

hebaat ini blog bisa membuat banyak argumentasi...saluut bwt idecapung.blogspot.com ..intinya berbuat baik dan berbuat tidak baik itu sama saja.... seseorang yg berbuat baik pdmu belum tentu baik untuk yg lain, dan jika seseorang berbuat tidak baik pdmu belum tentu tidak baik untuk yang lain jadi jng diributin deh...okeh

Anonim mengatakan...

artikel bgini bagus buat koreksi pln...

Anonim mengatakan...

PLN memang sarang anjing bisanya ngonggong minta denda bakar aja, uangnya juga lari ke kantong, setan loe nyensarain rakyat aja loe babi, bangsat

Anonim mengatakan...

rame ae,
kalo saling jatuh -jatuhan kapan majunya.
kaya anak SD.

Bangsa lain udah jauh di depan tapi kita sendiri saling tindih dan jalan di tempat.
ayo saling bantu jangan saling tuduh.

salam
Alumnus
MTs BI'Rul Ulum Sidoarjo

Anonim mengatakan...

YTH ALL,

Bagus nya untuk menghemat listrik yah di pakai sensor gerak untuk lampu, dan sensor on off untuk pompa air dll. Kalau mau keluar sedikit yang ada yang namanya Building Automation, tugas nya ngatur secara automatis semua peralatan listrik kita dari Lampu, TV sampai pompa air. Saya rasa ini lebih efektif dibandingkan mencuri. Terima kasih.

Salam Tulus,
INDONESIAN

Anonim mengatakan...

ingat hidup ga cuma didunia
semua perbuatan ada akibatnya nanti diakhirat
buat rakyat kecil memang nerakanya didunia
tp surganya diakhirat
kebalikannya buat org yg surganya didunia
nerakanya diakhirat
ingat azab ALLAH tuh pedih
buat PLN sekali dikasih azab jg lenyap semuanya
apalagi yg korup dan ga memikirkan rakyat
matilah kalian
kita mencuri bukan karena keinginan
tp keadaan yg memaksa
biarpun caranya salah tp itulah jalan keluarnya
jadilah orang baik sebelum datang kiamat

Anonim mengatakan...

walaupun keadaan tetap ajh mencuri ya salah.... tidak semua Karyawan PLN itu bobrok...
klo emang ada karyawan pln yang seperti kalian tuduhkan diatas laporkan saja...
apapun itu dan bagaimanapun hasilnya yang penting anda sudah melakukan hal benar...
bener ngak???
ngapain anda bilang klo pegawai pln anjing tapi anda tidak lebih baik dari mereka, sama-sama anjing donk...

salam
PLN SIPP
Saling percaya
Integritas
Peduli
Pembelajaran

Anonim mengatakan...

cara goblok ... tentunya masih banyak pegawai pln yang terhormat dan dapat dipercaya....

logikanya ... tentunya pegawai pln sudah pasti tau mengatasi cara cara kotor seperti ini ...

sama aja bunuh diri kalo cara ini dipakai di sistem kelistrikan PLN yang sudah handal ...

Saran saya ... Jangan dikira semua Pegawai PLN itu goblok2 yak ...

Anonim mengatakan...

Sistem kelistrikan PLN yang sudah handal...
Handal dalam menderitakan WOng Chilik...

Anonim mengatakan...

handal japit.....

Anonim mengatakan...

PLN pancen bajingan

giga-watt on 10 Oktober, 2012 13:16 mengatakan...

pook e nyolong dan nyolong kalau ketahuan di denda ajak berantem aja...beres tooooooo...penjara atau hukuman urusan belakang yang penting adu jotos dulu....gitu aja kog repot.......silahkan kunjungi juga http://giga-watt.blogspot.com

Anonim mengatakan...

sharusx, PLN benerin dl pegawaix dari bwah smpe ke atasx. br ngeluarin UU yg ngeri banget dibaca rakyat kecil. krn daya listrik drmh sy kcil, cok kulkas lgsung drop... mau gk mau sy panggil pegawai PLN. dgn syarat dan ketentuan yg bgt banyak dan harus menunggu smpe 1 minggu br dikrjakan. trus dari pegawai PLN bisik2 ke tlingaku, "PA' KALO MAU, SY PASANGIN LISA(Listrik Ajaib)" trus sy nanya, "brp bos???" pegawawi PLN "Rp.300.000 aja pak, pake listrik spuasnya." yaaa... krn Pegawai PLN yg ngomong gt, trpaksa sy bayar spy listrik gk mati2 lgi. akhirnya LISA(LISTRIK AJAIB) bs dipake dech... brkat bantuan PEGAWAI PLN :D

Anonim mengatakan...

wkwkwk.. lucu ni blog seru..
intinya petugas atau apatur negara juga mnausia
dicekokin duit segepok pasti mingkem n lancar jaya

penguna fasilatas negara juga manusia
hidup di jaman edan ya harus edan, klo mo bersih hidup di hutan aja.. dipikir gampang hidup disaat seperti ini pastilah kia mencari yang awalnya sedikit akhirnya sebukit..
hahaha...

yang berkomentar bersih bagus memang... tapi jangan munafik.. dan saya yakin anda tidak akan sanggup di jaman ini..

lanjutkan teman2 untuk berkreasi dalam pencurian listrik saya dukung 1000% selama masih hidup dibumi ini n ga usah takut soal hukum atau sanksi.. itu semua bisa diatur..

"WANI PIRO???"

Anonim mengatakan...

jangankan 500juta, 50ribu aja kadang ada kadang kagak!! dipenjara 5 tahun!! mending gw bantai tu petugas PLN biar aman, biar impas gw sikat dulu keluarganya.

taek.. gw tunggu kedatangan lu pak.

Anonim mengatakan...

dulu jg say pernah ketaun nyolong listrik.trs orang pln ngotot .gw kasih rokok aj 2 bungkus .lansung tutup mulut dah.mungkin it petugas pln gadungan kali .dkasih rokok aj mau.hehehe hasyeum ah.

Anonim mengatakan...

seru juga...
hati_hati dengan petugas PLN gadungan. Biasanya petugas PLN yang menertibkan pemakaian tenaga listrik adalah petugas P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik) yaitu perusahaan swasta yang dibawah dan diberi wewenang atau kuasa oleh PLN. adapun bukti dalam menjalankan tugasnya adalah dengan menunjukkan surat tugas (walaupun disitu tercantum PT dari swasta).
Selain petugas P2TL yaitu Cater yaitu petugas yang mencatat meter, petugas ini juga dari badan swasta, dan tidak punya wewenang dalam hal penertiban dan juga instalatir. kalaupun ada yang cater atau instalatir yang menawarkan tambah daya atau pasang baru, itu harus diwaspadai, lebih baik urus sendiri datang kekantor PLN setempat, lebih murah dan terjamin keamanannya.
itu semua pengalaman saya selama ini..............

Anonim mengatakan...

Rakyat sehat
..dokter mlarat.....pln dibayar memang untuk kerja...ayo kerja kucing2an


Berburu tikus yg nyolong listrik..
jangan cuma bengong

Anonim mengatakan...

aparatur pln tuh kebanyakan pencuri. pencuri anggaran negara di apbn, terima suap kontraktor. biaya pasang baru 675.000 dinaikkan illegal kepada konsumen jadi 1.700.000. pln memang telah jadi pencuri. jangan salahkan rakyat kalau mengambil haknya.

Anonim mengatakan...

klo meteran baru.. petugas ngecek juga?klo gitu apa bedanya sm meteran lama?dr segi pencurian listrik....

nofan yanto on 03 April, 2013 19:01 mengatakan...

sama sama gunakan listrik saja ribut.

Mas ga ada lagi artikel lain....

Kalo yang begini jangan di siasiakan ,,, bukan hanya bereka saja yang dapat sesuka merugikan kita.! Kita juga harus bisa.

Sebagai orang listrik harus bisa memamfaatkan keadaan...

Trimakasih ilmunya....? :)

Anonim mengatakan...

hallo pln .....

Diatas Langit masih ada langit !
Sepintar pintarnya manusia tetap masih Pintaran
Maling.

by
Blackhole

Anonim mengatakan...

kalo ga suka sama PLN, cari perusahaan listrik lain aja, gitu aja kok repot. PLN selalu dipandang SEBELAH MATA sama orang yang GA BERPENDIDIKAN....

Garam Kehidupan on 23 Agustus, 2013 01:03 mengatakan...

Listrik ane mati nih gara2 lupa isi vocer..mana dah malem lagi...dr pada ribut mending bantuin ane kirim email kode token via email..hehe

Anonim mengatakan...

PLN tu MONOPOLI !!!!. ayooo seluruh warga disini bikin Perusahaan Listrik SWASTA (PLS = ato apa, gitu).

Anonim mengatakan...

To Team P2TL.
Lo anjing2 kompeni bangsat, pemeras rakyat, lo sama aja kayak belanda, menjajah rakyat, merampas hak rakyat...
Selama sering mati listrik, alesan lo ga bermutu, lo PLN sama aja maling...kami rakyat indonesia lebih baik pake lampu patromak dari pada pake listrik PLN...bayar perbulan Full, mati listrik sering ga ada kompensasi apa2.....dasar anjing2 kompeni lu.....dr pda lu meraja lela lebih baik MERDEKA atau MATI...anjing lo...

Anonim mengatakan...

PLN???? MERUGI????
Aneh.....
Di indonesia lu dagang kacang sendiri alias gak ada saingan
Masih bisa Rugi?????
Itu BODOH namanya
Cb liat dari dlam dulu baru liat keluar
Dari atasan sampe bawahan maunya makan mulu

Anonim mengatakan...

pada sok pinter banget. undah untung dikasih listrik, ini malah saling cela. mending lo minta ke kakek uyut lo tuh listrik gratis tanpa melalui PLN dan aparaturnya yg lo bilang korup. disini nih kelihatan kalo kalian tuh pada bodoh, mulut cewek, kayak anak kecil. Sangat kelihatan bodohnya. Kalo lo merasa risih dan dirugikan berlangganan ke PLN mending lo berhenti berlangganan di PLN. SETAN!!!

Anonim mengatakan...

Kalo ngomong siapa aja bisa, jangan asal ngomong doonk,,, kalo punya OTAK tuh dipake, jangan mulut doang yg dipakek. PLN rugi tuh cz kaum nakal kaya lo tuh yg ga rutin bayar bulanan, paling buat modal mmaknya dakang kacang ya?

Anonim mengatakan...

PLN tuh kalo mau korupsi mereka juga pake teknik khusus seperti membuat system pulsa listrik yang lumayan ribet untuk ngerjain pelanggannya. So.. kalian2 masyarakat Indonesia (pelanggan rakus mintanya selalu gratis) coba cari trik2 baru. Lawan dengan Otak bukan dengan Otot. komen yang ga jelas dan makian yang bikin hati panas dah ga jamannya lagi bro !!!

Anonim mengatakan...

wis yo ojo ribut
buat pln yg pke pulsa tekan aja enter - 123 - backspace - 321 enter
liat terus apa yang terjadi?

moch.ikhsan thohiri on 17 April, 2014 01:37 mengatakan...

Salut buat blognya, banyak sekali yg respon, blog aq nggak ada yg respon, hebat2

rosyid on 04 Mei, 2014 21:38 mengatakan...

Pln sudah berubah...menjadi lebih baik...tp pemadamanya keterlaluan..tidak lihat tempat..hanya sekedar mengeritik semoga lebih baik..kalo pemadaman mending 2 jam saja maksimal..janggan sampai 8jam 12jam..semoga menjadi lebih baik pln..

Anonim mengatakan...

Pada Ributin apa sih.... ? kaliann ini beli pulsa hp 100rb untuk 1 sd 2 minggu nggak ribut , giliran beli pulsa PLN 50 -100 rb / bulan pada kebakaaran jenggot. Nyadar dikit nape ? Lo bayangin aje lo hidup tanpa listrik...... bisa kagak? , ato loh harus beli alat generator sendiri yang harus dihidupin pake bbm .. kayaknyaa 100% impossibel ttotal deh... Jadi baik baik lah pada pln agar kita tetep dapat listrik murah ye... ?

Anonim mengatakan...

listrik padam di rmh ane sdh 3 hari
beli pulsa listrik katanya gangguan sdh 1 minggu hufffttt....
terus apa yg hrs aku perbuat yaaa....????
mau curi listrik nanti kedenda
nggak curi listrik sdh 3 hari padam.....

eka Avianto on 03 Juni, 2014 00:39 mengatakan...

Buat PLN,apa gak kuat beli swich gear dan transformer.masak satu desa cuma di kasih transformer yg besarnya cuma seperti buah timun,lagi pula kekuatan dayanya sebesar kekuatan battry 12v aja.dimana uang bayaran tiap bln pelanggan.knapa klo ada rapat tahunan PLN selalu rugi,di kemanakan uang itu?dan jngn selalu salahkan rakyat kecil bila mencuri listrik,karna haknya tak terpenuhi.tapi kalao q liat kenapa pegawai pln tiap pindah jabatan selalu di kasih bonus mobil mewah?darimana uang trsb di dapat pak?tolong sudi menjelaskan,karna q liat dengan mata kepala q sendiri.q pun sampai heran katanya rugi kok selalu bagi bonus bagi kepala yg pindah jabatan....trimakasih

eka Avianto on 03 Juni, 2014 00:47 mengatakan...

Kawan jngn takut knapa semua anonim,gak berani ngliatin identitas,apakah takut di culik ama aparatur negara,gara gara nulis artikel macam ini.takut gak bisa masukin listrik.klo emang gak boleh,gak apa kita curi rame"

Nakiranda on 18 Juni, 2014 18:27 mengatakan...

sudah menjadi rahasia umum PLN tu salah satu lembaga terkorup. klo listrik telat byar 1 hr aja lngsung didenda. apalg nyuri listrik. tp klo listrik byar pet byar pet, sampe alat electronik kita rusak gara2 itu. kita mau denda siapa? apakah pln mau didenda. petugas2 pln klo kerja, kerja dg bnr/jujur. klo ga bs krja dg bnr/jujur, bnyk org2 jujur lain yg jg butuh kerja. saya disini tdk mnyinggung urusan mncuri listrik. tp ttg kebrobrokan kinerja pln. pln merugi tu bkn krn pencurian masyarakat saja. tp sebagian besar jg krn didalam badan internal pln sendiri yg bobrok. pln yg merugi. tp tdk dg pejabat dan karyawan2nya kan? sok bela2in pln dg alasan merugi jg. emg secara pribadi anda rugi apa gan? tiap bln msh gajian kan walau pln merugi? klo dtmpt saya sih hampir smua petugas plnnya korup. ga tw ditempat lain. mudah2an ga kyk disini.

Nayla Syarifah on 25 Juli, 2014 02:39 mengatakan...

boleh broo gw mo tau tuh

Nayla Syarifah on 25 Juli, 2014 02:41 mengatakan...

gw mao broo ayo qt chat via email aj nich email gw naylasyarifah71@gmail.com

Anonim mengatakan...

Sebagian besar yang nunggak tetap melakukan pembayaran serta denda yang berlipat ganda pak.., karna selagi mereka butuh listrik dan bertempat tinggal yang sama, mereka tetap melakukan pembayaran.
Terus apa denda yang berlipat ganda tidak masuk hitungan ya..? Soalnya saya dengar berita yang tersebar pihak PLN selalu rugi.
Terus terang kenyataan di lapangan yang saya ketahui, yang punya kerjaan bermain curang dan mengambil keuntungan masing2.. ya oknum PLN sendiri melalui biro2 listrik ataupun pribadi yang kenal dengan oknum PLN tersebut.
Kalau express pemasangan baru biayanya lebih besar tapi masuk ke PLN nya, mungkin masyarakat ikhlas... tapi kenyaannya kan tidak..

Anonim mengatakan...

Bicara kecurangan, pencurian dan UU, yakinkah oknum P2TL itu bersih dan ga melakukannya ????

Anonim mengatakan...

Biasalah...
Pencitraan...
Menjelaskan ???
Au ahh gelap..
Kalau minta di jelaskan di lingkaran mereka, itu pura2 ga tau aja kayaknya tuhh..

Anonim mengatakan...

Yupp...
That's right...

Anonim mengatakan...

Yaaa...kalee aja masyarakat pada masih bodoh semua pak wahyu..,jadi percaya dengan pemberitaan kerugiannya...

Anonim mengatakan...

kalau masyarakatnya pasti ketauan...
Kalau oknum PLN nya yang melakukan, ketauan ga ????
Soalnya ga pernah dengar berita ada oknum PLN ketauan melakukan pencurian arus listrik.
Mungkin cuma buat masyarakat aja kali yaa...
Kalau oknum PLN yang melakukan bukan mencuri sebutannya..tapi jatah ya...??!!

Anonim mengatakan...

Ohh yaaa...
Yakin ????

Anonim mengatakan...

Yaa...,kalau encer otaknya nanti oknum PLN yg lain ga banyak seberan donk...

Anonim mengatakan...

PLN tu ga ada untungnya...
Yang ada rugi terusss...

Anonim mengatakan...

Hahahaaa...

Anonim mengatakan...

Ya ya ya....
Untuk masyarakat ada resikonya.
Kalau untuk oknum PLN apa iya ada resikonya ?!!

Anonim mengatakan...

Mungkin pak ramadhon itu bukan orang seperti kebanyakan..
Mungkin saja pak ramadhon itu bersih...
Lihat saja cara dan bahasa yang digunakannya untuk mengingatkan orang dan penjelasannya..
Mantafff...
Dengan bumbu bahasa yang sopan kan...??!!

Anonim mengatakan...

Setujuuuuu.....

Anonim mengatakan...

Tullll....
Abis itu di kibus lagi...
Biar bagi2 rezeki buat yg lain lagi..

Anonim mengatakan...

Betul..
Tapi tetap aja ga ada perubahan.
Haruslah ada ilmu yang di dapat dari artikel yang salah satu nya artikel ini.

Anonim mengatakan...

Kalau lapor aja tapi ga ada realisasinya, apa mungkin ada perubahan dan perbaikkan...
Benar secara teori kalau implementasi nya alias show nya ga ada..ya percuma juga..
Saya tidak membenarkan mereka yang menghujat dan mencaci maki, karna mungkin saya apresiasi dari kekecewaan yang mendalam...alias terlalu.
Tapi perlu diketahui juga...
Ada orang yang sadar dengan teguran. Baik langsung maupun sindiran.
Namun ada yang di tegur secara kasar baru sadar.
Sudah tersinggung hatinya baru mau berfikir untuk berubah.

Anonim mengatakan...

Maaf melenceng promosi nih...yg my ganti tv LED LG murah bergaransi temen ane orang gudang..22"harga 1.6jt..32"/2.5jt dan seterusnya cek harga di web...ingat bergaransi barang baru. Untuk sementara hanya tersedia 47" kebawah ya..mohon maaf yg ga minat jngn hujat ane..c 085310222279 cengkareng

Anonim mengatakan...

YANG AUS.....YANG AUS..... MIJON......AKUA......TE BOTOL..... MINUMYA PAK.... BUAT TEMEN DEBAT PAK..... YANG AUS.... YANG AUSSSSS....... HEHEHEHEHE

Anonim mengatakan...

Gara2 pemadaman listrik....pulsa prabayar saya 400rb kesedot jd nollllllllllll.......diurus k PLN dpt penggantian siyyyyy tp kurang 100rb...huhuhuuuuuuuu

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut