#menu li { position:static; }

05 November 2008

AVG (perpisahan yang memilukan)

Pengguna setia AVG 7.5 Free edition di windows XP mungkin akan sedikit kecewa bahkan frustasi dengan masalah yang tidak diketahui sebabnya. Setelah pihak AVG resmi mengupgrade AVG 7.5-nya ke AVG 8.0 beberapa bulan yang lalu, hal ini sendiri sudah mengalami beberapa kendala. Mengapa? yang pasti AVG 8.0 yang diluncurkan tidak lagi kompatibel dengan WIndows XP SP1.

Kembali ke duduk perkaranya. Beberapa hari yang lalu seperti biasa ke pekerjaan rutinku yakni mengecek beberapa komputer klien di kantor. Aktifitas seperti mengupdate anti virusnya adalah yang utama. Namun betapa terkejutnya daku saat mengupdate AVG 7.5 secara manual. Setelah komputer selesai di update dan restart, booting untuk kedekstop terus mengalami kegagalan. wew...Akhirnya untuk berhasil masuk ke dekstop terpaksa menggunakan Safe Mode. Setelah kuuninstal AVG-nya masalah akhirnya hilang namun dengan resiko komputer dalam keadaan tidak terproteksi.

Belum puas dengan hanya dengan satu komputer, aku coba dengan beberapa komputer lainya. Namun apa yang terjadi ternyata sama saja. Bahkan komputer windows XP SP2 yang masih menggunakan AVG 7.5 juga begitu. hm...gila. Hari itu juga terpaksa aku harus me-remove semua AVG 7.5 di seluruh komputer di kantor (banyaaaak...bgt!), termasuk juga di database koleksi sofwareku.

Malamnya aku kedatangan tamu, temen. Dia mengeluh bahwa AVG 8.0 yang dipasangnya berhasil meloloskan virus masuk ke sistem komputernya. Dia membawa sampel virus tersebut di FD-nya dan penasaran untuk mencobanya di komputerku juga. Setelah kuscan pakai AVG 8.0 update milikku, ternyata benar tidak ada satu viruspun yang terdeteksi. Ehm...iseng kubuka direktori FD-nya (ini tidak dibenarkan dalam mencoba virus) ada beberapa direktori yang berekstensi exe. Wah ini virus...! segera langsung kucabut FD temenku tadi. "huh..hampir"
Secepatnya aku menginstal anti virus yang lain, AVIRA update saat itu yang kucoba. Setelah kuscan ulang, lega ternyata avira succes meremove seluruh virus dalam FD tersebut. Akhirnya aku menemukan pemecahanya, AVG kuhapus, AVIRA menggantikan posisinya dalam beberapa waktu kedepan. Padahal telah 1 tahun aku percaya dengan AVG.
Good bye AVG....  

2 Komentar:

Windu on 05 November, 2008 22:56 mengatakan...

Memang beberapa virus lokal bisa diloloskan oleh AVG. Dilihat dari kasusnya (directory.exe) kemungkinan besar adalah shuriken. Pakai aja antivirus lokal kayak Ansav atw PCMAV

HASRUL on 12 November, 2008 08:13 mengatakan...

pake norton dong.....

walaupun versi "cracked" tapi tetap ampuh menghadapi berbagai macam virus.... walaupun kadang-kadang sempat kecewa, karena virus yang aku pelihara terpaksa harus ikut di singkirkan oleh om norton... :(

tapi, norton masih the best for me....hehehe

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut