#menu li { position:static; }

03 Juni 2009

Memperbaiki partisi dengan partition table doctor 3.5

Komputerku berjalan dengan dua sistem operasi, Windows XP dan Ubuntu 8.04. Dua bulan yang lalu terjadi masalah pada HDku sehingga Ubuntu tidak dapat boot. Terjadi error pada Grub, boot loadernya Ubuntu. Sehingga tidak ada pilihan booting yang muncul cuma pesan error 15. Kutanyakan sana-sini, baik lewat forum, chat, milist atau mbah Google. Hasilnya 0 besar. Sedihnya diriku berpisah dengan linux.


Semangat untuk mengembalikan ubuntu kesayangan berbuah juga. Analisis yang jadi pertimbangan adalah bad sector harus dihapus, MBR dan partisi disusun ulang. Proses pencarian software yang dibutuhkan akhirnya dilakukan. Hasilnya adalah PTDD Partition Table Doctor 3.5.

Dari deskripsi yang disertakan pada situs penyedianya, tool ini mampu menyusun ulang tabel partisi, memperbaiki bad sector dan membuat MBR yang baru. Luar biasa, inilah yang saya cari-cari. Sayangnya software ini bersifat trial alias tidak gratis. Tapi tidak masalah, inilah gunanya tahu teknik pencarian software full version.



Cara klasik pertama menggunakan google ternyata tidak berhasil. Cara kedua menggunakan Astalavista juga tidak menunjukan jalan. Akhirnya cara ketiga memanfaatkan mesin pencari rapidshare sukses. Aku mendapatkan versi fullnya. Bagi yang ingin mencobanya juga, silakan download softwarenya disini.

DOWNLOAD PTDD Partition Table Doctor 3.5 Full

Pertama kali software dijalankan akan melakukan pendeteksian error. Yeskan saja untuk memperbaiki. Langkah selanjutnya adalah melakukan rebuild tabel partisi. Akan ada proses penyusunan partisi ulang (lebih baik backup dahulu data kamu sebelum melakukan ini). Dari hasil rebuild tabel partisi, akan terlihat partisi mana yang bermasalah dan otomatis akan diperbaiki.

Selanjutnya klik Fixboot untuk memperbaiki MBR. Untuk memperbaiki bad sector gunakan menu Surface Test, namum memakan waktu yang cukup lama. Jika sudah jangan lupa Rebuild MBR untuk membuat MBR yang baru. Setelah di save proses akan dilanjutkan saat restart.

Setelah menggunakan fitur-fitur pada sofware ini, aku berhasil menginstal Ubuntu kembali dengan tanpa error tentunya. My Ubuntu is Back.

Selamat Mencoba...

4 Komentar:

superuser17 on 04 Juni, 2009 22:27 mengatakan...

pertamax lagi bro...makasih infonya..memang hardisk saya sering bunyi2..mungkin perlu dimaintenance ulang...

Anonim mengatakan...

wah sepertinya link tuk download error tuh...ada solusi gak

Anonim mengatakan...

maaf kang linknya udh g bisa

rifa7 on 08 Mei, 2012 09:26 mengatakan...

trimakasih ...

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut