#menu li { position:static; }

13 Juli 2009

Mempercepat Ubuntu dengan menghilangkan efek

Ubuntu adalah sistem operasi yang dibuat ringat namun tetap powerfull untuk digunakan. Ubuntu berjalan dengan baik pada komputer dengan spesifikasi standar Pentium 4, RAM 256 dan kapasitas Harddisk 4GB. Namun bagaimana jika komputer atau notebook yang kita miliki memiliki spesifikasi lebih rendah, misalnya Intel Celeron? Artikel berikut mungkin bisa membantu memaksimalkan kinerja unbuntu dengan sedikit mengorbankan sedikit efek yang disertakan.


1. Matikan visual efek compiz
Klik kanan dekstop kemudian klik Change Desktop Background. Pilih tab Visual Effects salanjutnya untuk menghilangkan efek compiz pilih None.



2. Matikan efek metacity
Buka Gconf Editor, caranya klik ALT+F2 kemudian ketik gconf-editor. Pilih apps - metacity - general. Hilangkan tanda centrang pada compositing_manager. Beri centrang pada reduced_resources.



3. Matikan service yang tidak perlu
Klik System - Administration - Services. Matikan beberapa service yang tidak perlu seperti Bluetooth device, actions scheduler, audio settings management, Braile display management, CPU frequncy manager, Hotkeys management, Printer service dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.



4. Hilangkan program pada Startup Programs
Buka System - Preferences - Sessions. Hilangkan centrang untuk beberapa program yang tidak perlu yang dirasakan dapat memperlambat Startup, misalnya : Bluetooth manager, Check for new hardware, Evolution alarm, power manager, Print Queue Applet, dll



Selamat Mencoba...

2 Komentar:

T-Cource on 20 Juli, 2009 21:00 mengatakan...

pak mau pke ubuntu tapai g bisa konek ke werleles

T-Cource on 20 Juli, 2009 21:00 mengatakan...

tolong caranya kirim ke email tiyo_hohok@yahoo.com. thx

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut