#menu li { position:static; }

12 Desember 2009

Membuat drive partisi virtual folder

Berapa jumlah partisi harddisk anda? Saya yakin anda akan menjawab dua atau tiga partisi. Pembagian partisi dalam komputer memudahkan pengguna untuk memanajemen file yang ada. Semakin banyak partisi semakin mudah mengatur tata letak berbagai jenis file. Sebagian pengguna komputer enggan menambah jumlah partisi yang ada karena beresiko merusak harddisk. Pada tips berikut akan saya jelaskan cara membuat drive partisi dengan mudah, tanpa resiko dan tanpa bantuan software.


Drive partisi yang dibuat akan menuju sebuah folder pada partisi yang telah ada. Misalkan anda akan membuat partisi download yang khusus berisi file-file hasil download. Partisi tersebut akan menuju pada salah satu folder koleksi download pada partisi yang sudah ada.

Langkah pertama buat sebuah folder dalam partisi yang ada. Misalnya saya membuat folder bernama "DOWNLOAD" dalam salah satu partisi. Saya rencanakan akan membuat sebuah partisi baru yang menuju direktori DOWNLOAD yang telah saya buat.

Selanjutnya buka command prompt melalui menu Start - All Program - Accessories. Pindah ke partisi yang ada folder download. Ketik :

subst X: E:\DOWNLOAD



X: adalah partisi baru yang akan dibuat. Anda bisa memilih yang lain misalnya, Z, W atau Y yang penting tidak mendekati C, D atau E. Setelah itu tekan Enter.



Lihat hasilnya anda akan menemukan partisi baru dalam komputer anda dengan nama partisi yang sudah ada namun menuju salah satu folder dalam partisi tersebut. Anda bisa membuat beberapa partisi untuk koleksi folder yang ada dalam komputer anda.

Selamat Mencoba

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

ngapusnya lgi gmna bang.....????

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut