#menu li { position:static; }

22 Februari 2010

BitTorrent Client terbaik

BitTorrent client adalah tools yang digunakan para warez mania untuk mendownload file torrent dari torrent hosting. Adanya beragam Bittorent client kadang membingunkan user untuk memilih, manakah BitTorrent client terbaik, tercepat dan memiliki banyak fitur menawan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Torrentfreak melakukan perbandingan 20 Bittorent client. Variabel pembanding adalah kelengkapan fiturnya. Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Prioritas
Apakah BitTorrent memprioritaskan proses download ? Hal ini penting karena kecepatan dan bandwith tentu akan menjadi prioritas. Karena ada beberapa Bittorent Client yang tidak memprioritaskan kecepatan download, namun pada fitur-fitur lain seperti browser integrity, search multiple host, dll. Pada akhirnya kecepatan download menjadi prioritas sampingan.

2. DHT
Seperti kita ketahui file torrent umumnya memiliki ukuran yang cukup besar. Ukuran tentu mempengaruhi waktu download. Sebagai user yang tidak memiliki waktu tunggu, kemampuan resume sangat dibutuhkan. DHT akan memberikan kemampuan kepada Bittorent client untuk melacak jejak file yang telah didownload dan melanjutkan proses download setelah user offline.
3. Selective Download
Biasanya terdapat Bittorent client yang mampu menampilkan deskripsi file yang akan didownload. Untuk jenis file audio/video, mampu menampilkan cuplikan terlebih dahulu. Kemampuan seperti ini memudahkan user untuk memilih file torrent mana yang benar- benar dibutuhkan.
4. Enskripsi
Kemampuan ini akan melindungi user dari traffic shaping / throttling ISP.
5. Tracker
Kemampuan ini akan memudahkan user untuk menciptkan file torrentnya sendiri, mensharing dan mempublish ke media torrents sharing.
6. Remote Control
Fasilitas remote control akan memudahkan user untuk mengakses file torrent miliknya dengan komputer berbeda melalui aplikasi web berbasis GUI.
7. Super Seeding
Kemampuan ini dapat membagi file torrents menjadi beberapa bagian. Mengirim bagian demi bagian dan mampu mengirim ulang bagian yang corrupt.

8. RSS
Adanya RSS memudahkan user untuk mengupdate file torrent terbaru dari beberapa situs penyedia file torrent.

9. UPnP Port Mapping
Jika Bittorent Client memiliki fasilitas UPnP dan router anda menyediakan fasilitas UPnP maka tidak memerlukan lagi proses fordwarding dari beberapa port.

Hasilnya dari beberapa Bittorent client yang dicoba, terdapat 6 Bittorent client yang memenuhi setengah dari fitur yang diminta. Hasil lengkapnya sebagai berikut:
a. ABC (5)
b. Azureus (9)
c. Bitcomet (7)
d. Bittornado (5)
e. uTorrent (9)
f. XBT (6)

uTorrent dan Azureus adalah Bittorent client yang memenuhi kesembilan fitur pembanding. Berikut penjelasan kedua Bittorent client tersebut:

1. uTorrent
Sebagai bittorent dengan ukuran kecil, uTorrent mampu mengukuhkan posisinya pada posisi pertama. Selain free, uTorrent memiliki interface sederhana, dilengkapi fasilitas wizard yang memudahkan pengaturan pertama.
Download uTorrent

2. Azureus
Sebagai pemilik tempat posisi kedua, Azureus juga memiliki kesembilan fitur yang dimiliki uTorrent meskipun hanya lewat plugin.
Azureus menyerap 7x memory lebih banyak dibanding uTorrent serta membutuhkan java untuk menjalankanya. Cukup merepotkan bagi beberapa user, namun cukup baik untuk digunakan.
Download Azureus

2 Komentar:

Anonim mengatakan...

Kayaknya Bittorrent pro free 5.0.7 dari Intelpeers
(ini mungkin Bittorrent, Azeurus atau Vuze), yang paling stabil/kenceng, cuma saya bingiung ngatur
si firewall sudah oprek tetep aja merah.
Mohon pencerahannya.

THANKS !!!

Anonim mengatakan...

itu karena firewallx lagi galau hehehehe :D

Poskan Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

 

Tentang saya

MUCHLISIN adalah pengajar/praktisi elektronika dan komputer di kota Bengkulu. Blog Idecapung didedikasikan sebagai media sharing informasi, edukasi dan hobi.
RSS Link Twitter Link Facebook Link RSS Email

Free Page Rank Tool TopOfBlogs Computers Blogs

Chatbox

Teman Facebook

Pengikut